Definisi Pengertian Apa Itu VPN Atau Virtual Private Network


Apa itu VPN. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang pengertian apa itu VPN, cara kerja dan manfaat VPN


PENGERTIAN APA ITU VPN ?

VPN yaitu singkatan dari Virtual Private Network, VPN adalah sebuah koneksi private (pribadi) yang melalui jaringan publik.Dari ketiga kata tersebut dapat dijabarkan pengertian VPN  sebagai berikut.
  • Virtual = Hal yang semu, maya, tidak nyata.
  • Network = Jaringan koneksi yang salih berhubungan.
  • Private = Hal yang berarti bersifat pribadi, tidak sembarang orang bisa mengakses dan data yang akan di enkripsi yang akan tetap terjaga kerahasianya dari jaringan publik

Jadi dapat kita tarik kesimpulanya bahwa VPN adalah Jaringan yang terjadi secara virtual tanpa ada koneksi rill yang terenkripsi.

Dengan adanya VPN kita seakan-akan telah membuat jaringan di dalam jaringan itu sendiri namun bersifat virtual. Hal ini juga disebut dengan tunnel, tunneling sendiri adalah Proses cara membuat jalur private dengan memanfaatkan infrastruktur pihak ke tiga. VPN memakai tiga teknologi tunneling yaitu L2TP, PPTP, IPSec (Internet Protocol Security). Dengan kombinasi tunneling dan enkripsi jadilah VPN.


CARA KERJA VPN

Setelah di atas kita mengulas definisi atau pengertian apa itu VPN, tidak lengkap rasanya jika kita belajar memahami cara kerja dari VPN. Secara sederhana cara kerja VPN (dengan protokol PPTP) dapat diuraikan sebagai berikut:
  • VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router, misalnya MikroTik RB 750.
  • Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
  • Untuk selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.


MANFAAT DAN KEGUNAAN VPN :

Salah satu manfaat VPN adalah mengganti IP Asli Anda Dengan Satu IP Anonim.


Ketika VPN pertama kali dirancang, tujuan pertama dari penemuan ini adalah menciptakan tembusan antara komputer yang jauh untuk akses jarak jauh. Dan, itu berhasil dicapai. Tapi kemudian, VPN lebih sering digunakan untuk beralih diantara lokasi IP yang berbeda. Hingga sampai saat ini, tujuan pertama pada VPN adalah melindungi IP asli dari pengguna yang menyembunyikannya dengan salah satu server itu sendiri.

Dalam kata sederhana, ketika kita terhubung ke sebuah VPN, alamat IP kita (yang diberikan oleh Penyedia Pelayanan Internet) digantikan oleh salah satu dari VPN IP server. Sebagai contoh, jika ISP anda ditugaskan di London (karena anda berada di London) 1.142.35.6 dan ketika anda terhubung ke server USA melalui VPN IP anda akan berubah menjadi 2.354.452.2. Cara ini tidak hanya dapat mengakses situs yang diblokir dari USA, tapi IP asli anda akan tetap anonim dan bahkan ISP anda bisa melacak jejak online anda.


MANFAAT LAIN VPN :

Sebenarnya dari pengertian VPN di atas, paling tidak kita sudah memahami manfaat atau kegunaan VPN. Untuk memperjelas, berikut ini kami uraikan manfaat VPN ( Virtual Private Network ) lebih lengkap seperti berikut ini :
  1. Kemampuan membentuk jaringan LAN yang tidak di batasi tempat dan waktu, karena koneksitasnya dilakukan via internet. Koneksi internet apapun dapat digunakan seperti Dial-Up, ADSL, Cable Modem, WIFI, 3G, CDMA Net, GPRS,& . sistem PVN ini paling tepat digunakan untuk penggunaan suatu database terpusat untuk mengkomunikasikan antara server dan client via internet seperti Aplikasi Perdagangan, Purchase, P.O.S, Accounting, Cashir, Billing system, General Ledger, DLL
  2. Tidak ada ketergantungan terhadap keharusan memiliki IP Publik yang berharga mahal. Cukup menggunakan IP dynamic saja dengan kata lain  asal PC anda bisa berinternet . Anda bisa ngeprint dari rumah kekantor anda via internet, Anda bisa melakukan transfer data atau remote view untuk mengendalikan komputer dirumah/kantor anda dimana saja
  3. Tidak membutuhkan Peralatan/hardware tambahan yang berfungsi sebagai IP forwarder/Port Forwader yang menambah investasi anda.
  4. Dimanapun anda berada seperti anda sedang berada di warnet ataupun saat anda traveling di luar negeri, dapat melakukan koneksitas dengan PC dikantor anda misalnya dengan memanfaatkan software yang bekerja dijaringan LAN seperti Citrix, Windows Terminal Server 2003, VNC, Radmin, VOIP, DLL
  5. Dengan menggunakan software yang bekerja dijaringan LAN anda dapat melakukan pertukaran data secara langsung, Printing , Remote View, Mengatur administrasi PC anda, yang kesemua itu dapat dilakukan dimanapun anda berada selama anda bisa terhubung ke internet
  6. Dapat mengakses akses yang diblok
  7. Berselancar dengan aman ketika di akses internet publik / hotspot
  8. Jika perusahaan ingin mengoptimalkan biaya untuk membangun jaringan mereka yang luas. Oleh karena itu VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada.
  9. jangkauan jaringan lokal yang dimiliki suatu perusahaan akan menjadi luas, sehingga perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya di daerah lain. Waktu yang dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan lokal ke tempat lain juga semakin cepat, karena proses instalasi infrastruktur jaringan dilakukan dari perusahaan / kantor cabang yang baru dengan ISP terdekat di daerahnya. penggunaan VPN secara tidak langsung akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.
  10. penggunaaan VPN dapat mengurangi biaya operasional bila dibandingkan dengan penggunaan leased line sebagai cara tradisional untuk mengimplementasikan WAN.
  11. VPN dapat mengurangi biaya pembuatan jaringan karena tidak membutuhkan kabel (leased line) yang panjang. Penggunaan kabel yang panjang akan membutuhkan biaya produksi yang sangat besar. Semakin jauh jarak yang diinginkan, semakin meningkat pula biaya produksinya.
  12. VPN menggunakan internet sebagai media komunikasinya. Perusahaan hanya membutuhkan biaya dalam jumlah yang relatif kecil untuk menghubungkan perusahaan tersebut dengan pihak ISP (internet service provider) terdekat.
  13. VPN memberi kemudahan untuk diakses dari mana saja, karena VPN terhubung ke internet. Sehingga pegawai yang mobile dapat mengakses jaringan khusus perusahaan di manapun dia berada. Selama dia bisa mendapatkan akses ke internet ke ISP terdekat, pegawai tersebut tetap dapat melakukan koneksi dengan jaringan khusus perusahaan