-->

Jenis - Jenis VPN ( Virtual Private Network )

Jenis - jenis VPN pada ulasan berikut ini akan memperjelas pemahaman anda tentang VPN.

VPN adalah merupakan vitur lebih lanjut dalam dunia internet. Umumnya VPN diimplementasikan oleh lembaga/perusahaan besar. Biasanya perusahaan semacam ini memiliki kantor cabang yang lokasinya cukup jauh dari kantor pusat. Sehingga diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi keterbatasan LAN. VPN dapat menjadi sebuah pilihan yang cukup tepat. Tentu saja VPN boleh diimplementasikan oleh pengguna rumah atau siapa pun yang membutuhkannya. Hal ini tidak terlepas dengan jenis - jenis VPN yang akan kami jelaskan berikut ini.

VPN merupakan suatu koneksi antara satu jaringan ke jaringan yang lain secara pribadi melalui jaringan Internet (publik). Disebut dengan Virtual Network dikarenakan VPN menggunakan jaringan Internet sebagai media perantara alias koneksinya tidak secara langsung. serta disebut Private Network karena VPN bersifat pribadi atau bisa dibilang hanya orang tertentu yang dapat mengaksesnya. Baca juga : cara membuat blog


JENIS - JENIS VPN

Jika pada halaman sebelumnya kita telas mempelajari tentang pengertian VPN , untuk menambah pengetahuan kita, berikut ini kita uraiakan jenis - jenis VPN. 

Terdapat tiga jenis VPN, yaitu Access VPN, Intranet VPN dan Extranet VPN. Adapun penjelasan ketiganya adalah sebagai berikut :

1. Intranet VPN ( site to site VPN )

Janis VPN yang satu ini merupakan VPN yang digunakan untuk menghubungkan antara kantor pusat suatu perusahaan dengan kantor cabang atau kantor pembantu melalui shared network menggunakan koneksi yang permanen (dedicated). Tujuan penggunaan intranet VPN agar administrative control berada sepenuhnya di bawah satu kendali.

2. Extranet VPN 

Merupakan jenis VPN yang digunakan untuk menghubungkan antara kantor dengan pihak luar seperti pelanggan, suplier, rekan bisnis, atau suatu komunitas ke dalam jaringan internal dengan menggunakan koneksi Dedicated. Dengan adanya Extranet VPN perusahaan-perusahaan yang terlibat dapat berkomunikasi serta bertukar informasi secara cepat, mudah, tapi dalam sistem keamanan yang terjamin.

3. Access VPN atau Virtual Private Dial-Up Network (VPDN)

Jenis VPN yang terakhir ini merupakan koneksi user-to-LAN yang digunakan sebuah perusahaan untuk para pekerjaanya yang membutuhkan koneksi ke jaringan mereka dari berbagai lokasi remote. Remote Access VPN memungkinkan pekerja untuk mengakses data-data dan segala sumber daya dimanapun mereka berada.


jenis - jenis VPN


PENTINGNYA MENGGUNAKAN VPN

Hadirnya teknologi VPN dalam dunia internet, tentu menjanikan manfaat bagi penggunanya sehingga mereka yang berkecimpung dalam dunia internet merasa perlu untuk menggunakannya. Setelah mengenal jenis - jenis VPN tentu anda penasaran, sebenarnya apa perlunya menggunakan VPN.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa perlu menggunakan VPN :

a. Keamanan

Fitur keamanan tentu penting dalam menjelajah internet. Dengan memakai koneksi VPN kita dapat browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot dan internet yang ada di cafe-cafe.

b. Remote Access

Mungkin anda pernah mendengar tentang remote access, maksudnya dengan memakai VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik. Hal ini selaras dengan jenis - jenis VPN pada penjelasan di atas.

c. Hemat

Tahukah anda, VPN juga bisa digunakan sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN melibatkan media jaringan internet dan jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membentuk jaringan sendiri.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->