-->

Cara Pengaturan Awal Pada Blogspot ( Blogger )

Pengaturan awal blogspot ( blogger ) penting untuk dilakukan karena akan berpengaruh langsung pada optimasi SEO dan kemunculan blog pada mesin pencari, simak caranya berikut ini.

Pada saat kita membuat blog dengan blogspot, kita tidak sekedar membuat artikel dan meng-onlinekannya di internet, sebenarnya ada hal penting yang harus sudah kita lakukan sejak awal kita membuat blog tersebut, yaitu pengaturan awal blogspot. 


Melakukan setting atau pengaturan awal pada blog blogspot atau blogger merupakan bagian dari optimasi SEO yang paling mendasar yang harus dilakukan, namun tidak jarang hal ini justru sering dilupakan karena fokus dalam pembuatan artikel. Lalu bagaimana sih cara melakukan pengaturan awal blogspot?

Sebenarnya ada banyak sekali item - item pengaturan yang bisa kita temukan di dashboard blogger, namun kita harus mengutak - atik semua item pengaturan. Kita hanya melakukan pengaturan yang perlu saja sehingga hal ini pun bisa dilakukan oleh seorang pemula sekalipun.



CARA MELAKUKAN PENGATURAN AWAL PADA BLOGSPOT


Berikut ini adalah beberapa langkah pengaturan awal yang harus anda lakukan pada blog blogger atau blogspot :


1. Masuk dulu ke dashboard nya blogger yaitu dengan login atau masuk ke akun blogspot anda, caranya : buka www.blogger.com, lalu masukkan alamat email dan password anda. kemudian anda akan dibawa ke halaman dashboad blogger seperti gambar berikut ini :



2.  Dari gambar di atas, lihat menu "setelan" dan submenu di bawahnya. Klik "dasar" , lihat pada bagian sebelah kanan, di sana ada beberapa item yang perlu dilakukan pengaturan.
Pertama : adalah pengaturan judul dan deskripsi blog anda.
Judul : Ini adalah kalimat yang mewakili topik dari blog yang anda buat, lihat contoh di atas. Klik "edit" tulis judulnya lalu klik "simpan".
Deskripsi : ini adalah penjelasan singkat yang menjabarkan judul di atas, penulisan tidak lebih dari 500 karakter. Klik "edit" lalu tuliskan deskripsi blog anda, kemudian Klik "simpan".

Kedua, pada bagian pengalihan HTTPS sebaiknya anda atur "Ya". HTTPS sudah merupakan fitur standar dari mesin pencari seperti Google, hal ini semacam jaminan jika situs anda aman untuk dikunjungi. Ketika fitur ini diaktifkan, pada saat halaman artikel anda dibuka, maka akan muncul icon gembok warna hijau pada samping kolom address. Baca juga : cara mengisi blog yang masih kosong



3.  Lihat gambar di atas, kita akan melakukan pengaturan blogger pada bagian posting komentar dan berbagi. Lihat bagian kiri, klik "postingan, komentar dan berbagi".
Pada bagian postingan, anda bisa mengganti angka 7 dengan jumlah yang anda inginkan. Jika anda tetapkan angka 7, maka pada halaman utama akan ditampilkan 7 postingan artikel, biasanya ditampilkan dalam bentuk ringkasan.

Pada bagian komentar, anda bisa memilih salah satu opsi yang ada, siapa yang anda izinkan untuk berkomentar.
Untuk moderasi komentar, sebaiknya pilih "selalu" , sehingga untuk menampilkan komentar harus mendapat persetujuan anda terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari adanya komentar yang tidak pantas atau SPAM.



4. Selanjutnya kita akan melakukan pengaturan preferensi penelusuran, ini penting sekali agar blog kita bisa ditemukan oleh mesin pencari seperti Google dan lainnya.
Silakan klik "preferensi penelusuran" lalu edit tag meta pada sebelah kanan dari dashboard blog blogspot anda, seperti gambar di atas. Caranya : pada bagian tag meta, klik "edit" , kemudian ketikkan keterangan singkat tentang blog anda, tidak lebih dari 150 karakter.

5. Yang terakhir ini juga penting dalam pengaturan awal blobspot ( blogger ). Lihat gambar di atas, klik "lainnya" , lihat sebelah kanan, pada bagian feed situs sebaiknya pilih opsi "singkat" . Hal ini juga akan mengamankan blog anda dari tindakan cloning blog. Jika anda mengaktifkan opsi "penuh" maka orang lain bisa mengambil seluruh artikel dari blog anda.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->