-->

Pengertian Hosting Dan Jenis Jenis Hosting

Pengertian hosting berikut ini akan memberikan pemahaman yang jelas apa itu hosting dalam dunia internet.

Sehari - hari kita sudah akrab dengan internet, karena selalu kita akses baik itu menggunakan komputer maupun menggunakan telepon pintar. Kita mengakses berbagai halaman website atau blog untuk memenuhi kebutuhan informasi. Namun pernahkah anda berpikir, bagaimana sebuah website itu bisa terbit? apa saja infrastruktur yang harus dipenuhi? diantaranya adalah domain dan hosting.

Jika sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian domain, kali ini kita akan mengulas hal penting yang berhubungan erat dengan domain yaitu hosting. Mungkin kita semua sering mendengar istilah domain dan hosting, namun kita tidak memikirkannya. Di bawah kita anda bisa pelajari pengertian hosting selengkapnya



PENGERTIAN HOSTING

Saya ingin menggunakan bahasa saya sendiri untuk menjelaskan apa itu hosting. Hosting adalah tempat dimana kita menyimpan file - file ataupun halaman website yang kita buat. File - file ini bisa berupa file gambar, teks, video dan lain - lain sehingga sebuah halaman blog atau website bisa terbit. Jadi domain itu nama dari website, sedangkan hosting adalah tempat untuk menyimpan filenya.

Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Layanan web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Antara domain dan hosting tidak dapat dipisahkan, jadi jika kita ingin membuat blog atau website dan bisa terbit di internet kita wajib memiliki domain dan hosting. Ini sudah dibahas pada pengertian domain halaman sebelumnya.


pengertian hosting apa itu hosting




JENIS - JENIS HOSTING

Di atas kita telah mempelajari apa itu pengertian hosting, selanjutnya kita akan membahas tentang jenis - jenis hosting. Ternyata hosting itu sendiri bermacam - macam. Berikut ini adalah beberapa macam hosting yang perlu anda ketahui :

Server Dedikasi (Dedicated Server)

Tentu anda penasaran dengan pengertian hosting jenis Dedicated Server.  Server terdedikasi adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam hos berbagi (shared hosting) atau VPS. Server-server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data (data center) kepada penyewa. Provider menyediakan satu set web server fisik lengkap dengan sistem operasinya. User mendapat root akses untuk masuk ke web servernya, dan bertugas melakukan pemeliharaan server yang telah disediakan melalui akses yang telah disediakan.

Hosting berbagi (Shared Hosting)

Ini adalah jenis hosting yang banyak dipakai di internet karena harga sewanya murah. Pengertian hosting berbagi adalah layanan hosting di mana sebuah akun hos ditaruh bersama-sama beberapa akun hos lain dalam satu server yang sama, dan memakai pelayanan bersama-sama. Satu website berbagi resource server seperti RAM dan CPU dengan user lain. Satu server bisa dihuni sedikit, sedikit sekali, ratusan hingga ribuan klien. Sesuai konsep berbagi, biaya pemeliharaan server tentu dibagi sesuai jumlah klien. Semakin banyak klien yang menghuni satu server, maka biasanya semakin murah biaya sewa yang harus dibayarkan klien.

Server kolokasi (Colocation Server)

Mungkin anda baru kali ini mendengar tentang jenis hosting ini ya?  Pengertian hosting server kolokasi adalah server yang dititipkan disuatu tempat penyedia jasa internet dimana penyedia jasa internet tersebut memberikan arus listrik, koneksi internet, dan pendingin ruangan, dan rack tempat meletakkan server. Server tersebut sepenuhnya milik pelanggan dan dikelola sendiri oleh pelanggan. Pelanggan tidak diharuskan menyewa server pada penyedia jasa internet. Adalah tanggung jawab pelanggan untuk mengunjungi data center. Melakukan upgrade hardware atau perubahan lainnya pada server kolokasi yang dimiliki.

Server Privat Maya (Virtual Private Server)

Bagaimana pengertian hosting untuk jenis seperti ini?  Virtual Private Server (VPS) adalah jenis hosting yang dibuat dengan membagi resource server fisik ke dalam server-server virtualisasi dimana resource dapat dialokasikan dengan suatu cara yang tidak  akan mempengaruhi hardware server secara langsung. Oleh sebab itu, di dalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan.



BAGAIMANA MENDAPATKAN LAYANAN HOSTING

Seperti yang sudah disinggung pada pengertian hosting di atas, untuk menerbitkan halaman website di internet, kita harus memiliki domain dan hosting. Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan layanan domain dan hosting?

Untuk mendapatkan layanan hosting, kita dapat menyewanya pada pihak ketiga. Di internet ada banyak sekali perusahaan yang mengkhususkan diri dalam jasa penyewaan domain dan hosting, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Sekedar info, untuk membeli layanan hosting dari luar negeri kita harus memiliki kartu kredit sebagai alat pembayarannya.

Anda bisa mencari layanan hosting pada halaman pencarian Google dengan mengetikkan kata kunci "beli hosting" atau bisa juga "hosting murah". Dari daftar perusahaan yang menjual hosting, anda bisa membandingkan fitur dan harga dari perusahaan hosting yang satu dengan perusahaan hosting yang lain.



HOSTING BISA DIDAPATKAN DENGAN CARA GRATIS

Untuk membuat blog atau website bisa dilakukan dengan cara gratis, yaitu tanpa menyewa layanan domain dan hosting. Di internet kita dapat memanfaatkan layanan www.blogger.com dan www.wordpress.com untuk membuat blog atau website secara gratis. Silakan pelajari cara membuat blog gratis

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->