-->

Cara Membeli Domain Dan Hosting

Cara membeli domain dan hosting berikut ini adalah langkah mudah bagaimana anda bisa memiliki domain dan hosting sendiri.

Domain dan hosting adalah dua hal yang wajib dimiliki jika ingin membuat blog yang online di internet. Seperti yang sudah kita bahas pada halaman tentang pengertian domain dan pengertian hosting, keduanya .... domain dan hosting bisa dimiliki secara gratis. Sehingga anda juga bisa memiliki blog yang gratis dan online di internet. Namun domain gratisan hanya bersifat sebagai sub domain, hostingnya bersifat numpang pada situs lain.

Pada halaman ini saya ingin membahas tentang cara membeli domain dan hosting karena kita ingin memiliki blog dengan domain pribadi dan hosting pribadi. Untuk membelinya, domain dan hosting bisa dibeli pada perusahaan penyedia layanan yang  terpisah, misalnya domain dibeli pada perusahaan X sedangkan hosting dibeli pada perusahaan Y. 

Untuk contoh berikut ini saya ingin menggambarkan langkah - langkah cara membeli domain dan hosting pada satu tempat yaitu di www.rumahWEB.com. Jadi langkah - langkah berikut ini merupakan petunjuk cara membeli domain sekaligus cara membeli hosting.



CARA MEMBELI DOMAIN DAN HOSTING

Berikut ini adalah langkah - langkah cara membeli domain sekaligus hosting pada rumahWEB.com :

1. Buka www.rumahweb.com. Kemudian akan tampil halaman utama situs seperti di bawah :



2. Lihat gambar di atas, pada bagian bawah ( tanda merah ), ketikkan nama domain yang diinginkan, lalu klik "search".

3. Berikutnya akan ditampilkan nama domain yang masih tersedia beserta beberapa jenis akhiran domain yang terdia ( .com  .id  .net  ) dan sebagainya.  Seperti gambar di bawah ini :


4. Lihat gambar di atas, karena kita ingin membeli domain  .com, maka pilih yang berakhiran  .com, seperti yang diberi tanda merah. Lalu bagaimana jika domain yang kita inginkan tidak tersedia?  Jika domain yang kita inginkan tidak tersedia, artinya domain tersebut sudah dimiliki oleh orang lain. 

Jika kita membidik kata kunci tertentu untuk dijadikan nama domain, seperti contoh di atas membidik kata kunci "tips artikel sehat" , namun sudah tidak terdia maka caranya kita cukup memberikan variasi huruf pada nama domain tersebut, misalnya "tipsartikelsehatku" . Lakukan cara ini hingga menemukan nama domain yang tersedia untuk dibeli. Jika sudah, scroll ke bawah ... anda akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah :


5. Jika sudah menemukan bagian seperti di atas, klik saja "Ya, saya mau hosting juga" . Lain kasusnya jika anda bermaksud membeli domain tanpa hosting, maka anda klik "beli domain saja".  Scroll lagi ke bawah anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah :


6. Lihat gambar di atas, pada bagian kiri, anda harus memilih paket yang tersedia. Pada bagian kategori anda misalnya memilih profesional, pada bagian paket misal memilih  500 MB, periode billing merupakan cara pembayaran bulanan, triwulan atau tahunan yang bisa anda pilih. Lalu lokasi server, jika target blog anda adalah pembaca lokal di Indonesia maka pilih server Indonesia ( IIX ), jika target  blog anda adalah pembaca luar negeri, anda bisa memilih server US atau Singapore. Pada bagian kanan, secara otomatis akan ditunjukkan harga paketnya. Silakan scroll lagi ke bawah, anda akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini :


7. Jika anda sebelumnya sudah memiliki akun di rumahWEB.com, maka silakan klik "login". Jika anda belum memiliki akun di rumahWEB.com, silakan membuat akun terlebih dahulu dengan mengklik "daftar menggunakan email" , artinya sebelumnya anda sudah harus memiliki email aktif. Kemudian akan ditampilkan form pendaftaran seperti di bawah ini :


8. Lihat gambar form di atas, Isi semua kolom yang tersedia, jika sudah klik "submit" . Anda akan dibawa kembali ke halaman review order anda seperti gambar di bawah ini :


9. Silakan klik "check out" untuk menyelesaikan pembelian domain anda. Secara otomatis tagihan akan masuk ke email anda. Emaik tersebut berisi rincian order anda, cara pembayaran beserta petunjuk konfirmasi pembayaran.

Setelah anda membayar dan melakukan konfirmasi pembayaran sesuai petunjuk, selang beberapa menit anda akan menerima email yang menyatakan bahwa domain sudah aktif.



PEMBELIAN DOMAIN DAN HOSTING TIDAK HARUS SEKALIGUS

Di atas kita sudah mempelajari langkah - langkah cara membeli domain dan hosting, sekedar info ... domain dan hosting tidak harus dibeli sekaligus. misalnya hari ini kita membeli domain saja, lain hari kita membeli hostingnya. Atau hari ini kita membeli domain di perusahaan X, besoknya kita membeli hostingnya di perusahaan Y. Baca juga : cara custom domain blogspot

Untuk dapat online di internet, maka setelah domain dan hosting dibeli, maka langkah selanjutnya adalah mengarahkan domain ke hostingnya. Pada halaman selanjutnya saya akan memposting tutorialnya.








Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->