-->

Tutorial Cara Custom Domain Blogspot Di Rumah Web

Cara custom domain blogspot di Rumah Web berikut ini akan memberikan petunjuk yang jelas ketika anda ingin memiliki blog gratisan dengan domain sendiri.

Sebelum saya melangkah pada langkah - langkah cara melakukan custom domain blogspot, terlebih dahulu saya ingin membahas pengertian apa itu custom domain. Mungkin istilah ini sudah anda dengar sebelumnya, atau mungkin juga anda belum pernah mendengar istilah custom domain sebelumnya. 

Custom domain blogspot adalah teknik melakukan redirect URL blogspot menjadi menjadi domain pribadi. Intinya blog yang dikelola berbasis blogspot, namun alamatnya diubah ke domain sendiri. Contoh : anda memiliki blog dengan alamat : olahraga.blogspot.com. Kemudian anda membeli domain dengan alamat www.olahragayuk.com. Selanjutnya jika pada blog tersebut dilakukan custom domain dengan domain yang anda beli tersebut, makan alamat blog anda menjadi : www.olahragayuk.com. Atau dalan pengertian yang lebih sederhana adalah cara blogspot menjadi com. Baca juga : cara mempercepat kinerja laptop

Banyak orang melakukan teknik custom domain dengan alasan ingin blog yang dimilikinya terlihat lebih profesional, walaupun sebenarnya adalah blog dengan hosting gratisan dari Google atau yang kita kenal dengan Blogger atau Blogspot. Lalu bagaimana sih cara custom domain blogspot ini dilakukan?



LANGKAH - LANGKAH CARA CUSTOM DOMAIN BLOGSPOT

Setelah pada halaman sebelumnya kita belajar cara membeli domain, kali ini kita akan mempelajari cara custom domain blogspot. Tutorial cara custom domain blogspot berikut ini dicontohkan dengan custom domain blogspot dengan domain pribadi yang dibeli di salah satu layanan penyewaan domain dan hosting di Indonesia yaitu www.rumahWEB.com.

Sebelum melakukan custom domain, ada 2 syarat yang wajib anda penuhi yaitu : sudah punya blog berbasis blogspot, juga sudah memiliki domain pribadi.

Berikut ini adalah langkah - langkah cara custom domain blogspot di Rumah Web :

1. Pertama login dulu ke account Blogger Anda.
2. Setelah login, lihat pada bagian sebelah kiri,  Klik “setting atau setelan“.

3. Klik “Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda“.




4. Isi kolom nama domain dengan nama domain anda sendiri dengan diawali www. Misal nama domain anda rumahweb.com , maka cara mengisinya adalah: www.rumahweb.com   kemudian klik Simpan .



5. Maka Akan menampilkan CNAME yang harus dipasang di domain manager anda.



CNAME yang diberi kotak merah tersebut akan digunakan untuk setting di Domain Manager/ Clientzone.

Sekarang silahkan ditinggalkan dahulu  Bloggernya. Silahkan Anda login ke account clientzone.rumahweb.com

6. Pilih Di menu Domains > My Domains > lalu klik Kelola Domain di samping nama domain yang ingin digunakan.



7. Klik DNS Management.


8. Apabila muncul tombol Start/Update, silahkan diklik dahulu sampai tidak ada tombol update lagi yang muncul. Sesuai gambar dibawah ini.


9. Selanjutnya adalah lakukan update pada menu Add New Record. Akan ada dua jenis Add New Record yaitu dari rumah web dan dari Blogspot. Langkah pertama kita buat dulu untuk rumah web. Tahap pertama ini Sobat akan membuat 4 tahapan New Record, setiap sekali proses harus di simpan dan lihat apakah sudah sukses atau belum, jika gagal ulangi prosesnya tiap tahapan.



10. Lihat gambar di atas, pada kolom Domain biarkan tetap kosong pada TTL biarkan tetap pada posisi angka 14400, pada Recor Type klik "select" , kemudian pilih A. Secara otomatis akan muncul kotak kosong di bawahnya.  
Isikan satu persatu pada kolom IP or Host Name dengan kode yang tertera di bawah ini, kemudian klik "add record".

14400     A     216.239.32.21
14400     A     216.239.34.21
14400     A     216.239.36.21
14400     A     216.239.38.21

Jadi intinya, pada proses di atas, anda melakukan 4 kali add record.

11. Kemudian masukkan record type cname kode verifikasi sesuai yang dicantumkan pada halaman blogspotnya:

Kita kembali ke halaman dashboar blogspot berikut :
12. Dari gambar di atas, silakan copy code dalam kotak hijau untuk dimasukkan ke cname record seperti berikut ini :

Lihat gambar di atas, ada 2 proses di sini :
Pertama, pada domain isikan www, pada record type pilih "cname" , pada hostname isikan ghs.google.com. Kemudian klik "add record"
Kedua, pada domain isikan kode yang ada di kotak hijau kiri bawah, pada record type pilih "cname" ,  pada hostname isikan kode yang ada di kotak hijau kanan bawah. Kemudian klik "add record"

13. Langkah terakhir adalah anda kembali ke halaman dashboard blogger, dan klik "simpan". Biasanya proses tidak langsung berhasil saat itu juga, karena baru proses propagasi.

Silahkan tunggu waktu propagasi kurang lebih 2-3 jam lalu kembali ke blogger tadi pada tampilan berikut. Silahkan coba klik “Simpan“. Bila masih tidak bisa, mungkin itu masih dalam propagasi. Propagasi antara 1-24 jam.

Selanjutnya, bila sudah diklik Save, dan berhasil disimpan, silahkan lakukan panduan berikutnya;

14. Silahkan klik ‘Edit’.

15. Ceklist kotak redirect. dan klik "simpan"

Selamat !  proses custom domain sudah selesai. Demikianlah cara custom domain blogspot di Rumah Web. ( sumber gambar : rumahweb.com)

CATATAN :
Setelah proses di atas, ada kemungkinan SSL belum aktif. Kita perlu beralih dari http ke https sebagai standar Google, untuk ituanda perlu mengaktifkan SSL. Pelajari pengertian SSL dan cara mengaktifkannya

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->