Mengenal Pengertian SSL Dan Cara Mengaktifkannya

Tahukah anda, apa itu SSL? Pengertian SSL biasa anda pelajari selengkapnya berikut ini.

SSL sudah menjadi standar baru untuk blog atau website. Ini adalah fitur keamanan yang sangat direkomendasikan oleh Google. sekarang ini Google melabeli setiap website yang tidak memiliki SSL dengan label Not Secure pada URL bar. Hal ini tentu merugikan bagi pemilik website yang tidak memiliki SSL karena visitor bisa menjadi ragu-ragu mengunjungi website tersebut.


PENGERTIAN SSL

Untuk menjelaskan pengertian SSL, yang paling mudah adalah melihat visual dari blog yang sudah memasangnya. Blog atau website yang sudah terpasang SSL ditunjukkan dengan icon gembok warna hijau pada address bar, disamping itu "http" berubah menjadi "https" Sertifikat SSL atau yang lebih dikenal dengan SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer. Apabila sistem keamanan ini ditambahkan pada website Anda, maka secara otomatis URL website akan berubah menjadi HTTPS. 

Berikut ini ( lingkaran merah ) adalah contoh gambar tampilan SSL pada blog yang tampil di browser :



Tujuan utama pemasangan SSL adalah sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet. Secara tidak langsung, Google memaksa pemilik website untuk mengamankan dan mengenkripsi data yang berada dalam jaringan internet.

Sertifikat SSL ini nantinya akan membantu Anda untuk mengamankan komunikasi dua komputer yang terhubung oleh jaringan internet. Pertukaran data seperti mengunjungi website, pengiriman dan penerimaan email, membeli barang online, serta data-data penting perusahaan akan dienkripsi agar tidak ada oknum tak bertanggung jawab yang berusaha menggunakan data-data tersebut secara ilegal.


CARA MENDAPATKAN SSL

Setelah kita mempelajari pengertian SSL di atas, untuk melengkapi pemahaman kita tentang SSL blog atau website, berikut ini kami sertakan tutorial cara mengaktifkannya.

Untuk memiliki SSL, kita harus membeli dan berlangganan. Pada umumnya, perusahaan penyedia hosting juga menjual sertifikat SSL. Harga berlangganan SSL cukup terjangkau, mulai sekitar Rp. 120.000 per bulan.

Kabar baiknya, jika anda membuat blog gratisan di blogger.com dan wordpress.com, maka secara otomatis blog anda sudah memiliki SLL, tampilannya berupa icon gembok warna hijau. Disamping itu http akan berubah menjadi https.


CARA MEMASANG SSL PADA BLOGSPOT CUSTOM DOMAIN

Ketika anda membuat blog dengan blogspot custom domain, maka logo SSL tidak akan muncul secara otomatis. Namun anda juga dapat mengaktifkannya secara gratis melalui dashboard blogger.

Berikut ini adalah cara mengaktifkan SSL pada blogspot custom domain :

1. Pastikan bahwa custom domain sudah berhasil anda lakukan.

2. Masuk ke dashboard blogger anda, buka www.blogger.com. Kemudian masukkan alamat email dan password, lalu tekan "enter". 



3. Dari gambar diatas, klik "setelan", lalu pilih "dasar" . lihat sebelah kanan, pada bagian pengalihan HTTPS, klik dan pilih opsi "ya" . Tunggu sekitar 10 menit, lalu refresh halaman dashboard tersebut. SSL akan berhasil anda aktifkan. Anda bisa cek di browser, di situ URL sudah berubah menjadi HTTPS dengan icon gembok berwarna hijau.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->