-->

Cara Membuat Daftar Link Di Blog Blogspot

Membuat daftar link di blog sangat mudah sekali, simak caranya berikut ini.

Daftar link merupakan salah satu fitur yang disediakan blogger atau blogspot. daftar link merupakan widget blog yang fleksibel dan dapat kita pindah - pindahkan pada lokasi yang kita inginkan, misalnya pada bagian sidebar blog atau pada bagian footer. Selama pada tata letak blogger terdapat tulisan "tambahkan gadget" , maka pada posisi tersebut bisa ditambahkan widget "daftar link".

Sebenarnya apa pentingnya sih kita memasang widget "daftar link" ?  Hal ini merupakan salah satu cara untuk merekomendasikan atau mengalihkan pembaca untuk membaca halaman yang dituju. Ini bisa menjadi sarana aliran traffic pengunjung jika widget "daftar link ditempatkan pada blog yang mempunyai tingkat kunjungan yang tinggi. Lalu bagaimana ya cara membuat daftar link di blog?


MEMBUAT DAFTAR LINK DI BLOG BLOGSPOT

Pada halaman sebelumnya kita telah belajar membuat tautan artikel, kali ini kita juga akan membuat tautan atau link, namun link tersebut akan kita pasang bukan pada kontennya melainkan pada bagian lain di luar area konten blog, tepatnya kita akan membuat daftar link sebagai widget blog.

Berikut ini adalah langkah - langkah cara membuat widget daftar link di blog blogspot :

1. Pertama tentu kita harus masuk akun blogspot  , sehingga kita akan dibawa masuk pada halaman dashboard blogger seperti di bawah ini :



2. Lihat gambar di atas, selanjutkan klik "tata letak" . Kemudian akan ditampilkan halaman tata letak blog kita, seperti gambar di bawah ini :



3. Lihat gambar di atas, kita tinggal memilih lokasi yang akan ditempati daftar link. Lokasi yang ada tulisan "tambahkan gadget" itulah yang bisa kita isi dengan daftar link. Sebagai contoh, pada gambar di atas kita akan menempatkan daftar link pada sidebar blog. Klik saja "tambahkan gadget" . Kemudian blogger akan menampilkan daftar gadget yang bisa kita pilih. Kita pilih saja "daftar link" , seperti yang ditunjukkan pada contoh gambar di bawah ini :



4. Lihat gambar di atas, klik saja tanda plus. Kemudian akan ditampilkan daftar isian seperti di bawah ini


5. Pada bagian judul : isi dengan judul yang kita inginkan, ini akan tampak pada dipublish nanti.
Nama Situs Baru : isi dengan teks yang akan dijadikan link atau tautan
URL Situs Baru :  isi dengan alamat URL yang dituju
Setelah selesai, kemudian klik "tamba hkantautan" .
Hasilnya akan seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini :



6. Di atas kita telah membuat satu link pada daftar link, jika ingin membuat link yang ke dua dan seterusnya, tinggal ulangi saja langkah 1 sampai 4. Setelah semuanya selesai klik saja "simpan" . Selesai, daftar link yang kita buat sudah tampil pada sidebar blog seperti gambar di bawah ini.



Ketika membuat daftar link di blog, kita bisa menempatkan link - link tersebut pada lokasi lainnya sesuai keinginan kita dengan mengunah tata letak blogger.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->