-->

Pengertian Printer Deskjet, Bedanya Dengan Laserjet

Printer deskjet adalah printer yang mungkin anda miliki sekarang, simak pengertiannya berikut ini.

Apakah anda memiliki printer?  Ini adalah salah satu perangkat keras yang juga penting untuk dimiliki disamping alat scan. Paling tidak, printer adalah alat ke dua yang perlu dimiliki setelah komputer. 


Mungkin selama ini anda tidak pernah memikirkan termasuk ke dalam kategori jenis printer apa, kita tahu ... berdasarkan cara kerjanya, printer dikategorikan menjadi beberapa jenis, seperti : inkjet, laserjet, dan LED. Bagaimana dengan deskjet? bukankah di luar sana ada istilah printer deskjet? Apa itu printer deskjet?

Antara printer inkjet dengan printer deskjet itu sama saja, namun printer dengan merk HP menamakan printer tinta ( inkjet ) dengan sebutan deskjet. Itulah kenapa kedua jenis printer itu sama saja. Jadi jenis printer ini ada yang menamakannya printer inkjet, juga ada yang menyebutnya sebagai printer deskjet.


PENGERTIAN PRINTER DESKJET

Secara sederhana, pengertian printer deskjet adalah merupakan printer dengan basis tinta, yaitu jenis printer yang menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus.

Sistem kerja printer deskjet ini dengan disemprotkan oleh kepala cetak. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer deskjetjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

Printer deskjet merupakan printer yang paling banyak digunakan di dunia, karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan dua jenis printer lainnya, serta perawatannya juga sangat mudah. Sesuai namanya, jenis printer yang satu ini masih menggunakan tinta yang tersimpan di dalam dua buah cartridge yang masing-masing berisi tinta cair warna hitam dan tinta campuran.



printer deskjet adalah
CARA KERJA PRINTER DESKJET

Inilah yang membedakan printer deskjet dengan printer jenis lainnya. Cara kerja printer deskjet berbeda dengan laserjet ataupun printer LED. Printer deskjet bekerja dengan menggerakkan print head (terdapat di dalam printer) menggunakan semacam motor penggerak untuk menyemprotkan tinta pada kertas yang ditarik menggunakan roller. Motor ini akan berhenti sesaat untuk memberikan kesempatan pada print head menyemprotkan tinta pada jumlah yang sesuai untuk menghasilkan warna yang dibutuhkan, kemudian motor tersebut akan bergerak lagi.



MENGENAL  PRINTER LASERJET

Mengenai namanya, mungkin anda sudah sering mendengar tentang printer laserjet. Sesuai namanya, Laserjet merupakan jenis printer yang menggunakan teknologi laser untuk mencetak file berdasarkan instruksi dari komputer.

Printer laserjet bekerja menggunakan prinsip elektrostatis. Bagian printer yang bernama Photoreceptor Drum akan diberi muatan positif oleh Primary Charging Roller (PCR), barulah kemudian printer akan menyorotkan cahaya pada Photoreceptor Drum tadi dengan memanfaatkan cermin di dalam printer sebagai media pemantul cahaya untuk membentuk titik-titik yang menghasilkan tulisan atau gambar. Laser ini akan dimatikan jika ada bagian kosong yang akan dicetak pada halaman kertas yang digunakan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->