-->

Definisi Dan Pengertian Plugin Wordpress

Plugin wordpress adalah program tambahan yang harus anda miliki ketika membuat blog dengan wordpress.

Berbeda dengan membuat blog blogger, ketika anda membuat blog dengan wordpress, anda bisa menambahkan program tambahan yang disebut dengan plugin.  Sebelum saya menjelaskan mengenai definisi atau pengertian plugin wordpress, perlu saya sampaikan bahwa untuk menambahkan plugin tersebut kita harus memahami platform blog kita terlebih dahulu. Tidak semua blog wordpress bisa ditambahkan plugin.

Perlu anda ketahui, jenis blog wordpress yang bisa ditambahkan plugin adalah blog wordpress dengan hosting sendiri ( self hosting ). Jadi blog wordpress gratisan yang merupakan sub domain dari wordpress.com tidak bisa ditambahkan plugin, karena memang tidak tersedia fitur plugin. Lalu apa sih pengertian plugin wordpress?




PENGERTIAN PLUGIN WORDPRESS

Secara sederhana, pengertian plugin WordPress adalah merupakan sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar untuk meningkatkan fungsi dalam penggunaan blog WordPress. Atau bisa juga dikatakan, plugin wordpress itu merupakan mesin tambahan yang dapat diinstal pada wordpress untuk meningkatkan performa blog.

Berdasarkan penggunaannya pada blog wordpress, Fungsi plugin  WordPress secara garis besar ditujukan untuk berbagai kebutuhan :
  • Mempercantik tampilan blog
  • Mendukung fitur yang belum terlihat oleh para pengguna WordPress.
  • Mengurangi ukuran aplikasi WordPress
  • Memungkinkan pihak ketiga membuat tambahan kemampuan pada aplikasi WordPress
  • Memisah kode sumber karena tidak kompatibel dengan software yang berlisensi


DIMANA BISA MENDAPATKAN PLUGIN?

Untuk mendapatkan plugin wordpress, tidak usah jauh - jauh dan bingung mencarinya, cukup masuk pada halaman dashboard wordpress anda :
Buka www.bloganda/wp-admin, masukkan username dan password
Pada bagian kiri, pilih "plugin" , lalu klik "add new"
Pada bagian sebelah kanan akan ditampilkan beraneka ragam plugin. Silakan pilih, dengan cara klik "install now" , lalu klik "activate"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->