-->

Jenis Plugin Wordpres Yang Penting Diinstall Pada Blog

Plugin wordpress yang penting untuk diinstall pada blog anda.

Ketika anda membuat blog dengan wordpress, ada hal penting ketika ingin mengoptimalkan blog anda, yaitu anda membutuhkan plugin. Sebagaimana kita ketahui, plugin wordpress merupakan program tambahan yang dapat diinstall pada blog wordpress untuk menambah kelengkapan fungsi pada blog wordpress tersebut. Namun kita hanya perlu menambahkan plugin wordpress yang penting saja.

Berbeda dengan ketika membuat blog dengan blogger atau blogspot, pada halaman dashboard kita bisa memilih jenis plugin yang kita butuhkan. Lalu, apa saja sih plugin yang penting untuk wordpress kita?



JENIS PLUGIN WORDPRESS YANG PENTING UNTUK BLOG

Menambahkan plugin pada blog memang akan membantu kita dalam mengoptimasi blog, namun perlu diingat, terlalu banyak menambahkan plugin juga akan berdampak buruk pada performa blog kita di internet. Terlalu banyak plugin bisa membuat blog memberatkan server sehingga ketika diakses akan lama loadingnya. Jika sudah begitu, pengunjung akan langsung menutup blog anda, hal ini akan berdampak buruk bagi SEO. Google akan menganggap blog anda tidak layak untuk ditampilkan pada hasil pencarian.




Itulah kenapa kita tidak perlu berlebihan dalam menambahkan plugin, dan hanya menginstall plugin wordpress yang penting saja. Plugin wordpress apa saja itu, berikut ini jenisnya :

1. Yoast SEO

Ini adalah plugin wordpress yang paling penting dan harus anda install pada blog anda. Yoast SEO didesain untuk membantu Anda menerbitkan konten yang berkualitas tinggi dan dioptimalkan untuk pencarian. Sistem ini menunjukkan bagaimana konten yang Anda tulis ditampilkan di mesin pencari. Selain Yoast SEO, plugin SEO sebagai alternatif lain yang tak kalah bagus adalah All In One SEO Pack.

2. Jetpack

Ini juga merupakan plugin yang penting untuk wordpress. Jetpack merupakan plugin yang didesain oleh developer WordPress untuk membantu Anda meningkatkan lebih banyak traffic online, mengamankan website Anda, mengawasi performa situs, dan lain-lain. Jetpack menawarkan sejumlah modul yang dapat diaktifkan (atau tidak), dan menjadi salah satu piihan bagi Anda yang ingin menambahkan fungsionalitas WordPress.

3. WP Smush

Tidak salah jika ini dikatakan sebagai plugin wordpress yang penting untuk diinstall, karena ini berguna sekali untuk mengoptimalkan gambar pendukung pada halaman blog kita. Dengan plugin WP Smush, gambar akan dipadatkan sehingga akan mempercepat akses blog kita. Hal ini juga akan mendorong peningkatan performa blog kita secara keseluruhan sehingga akan menaikkan peringkat blog kita di search engine.

4. Wordfence Security

Merupakan plugin wordpress yang penting untuk mengamankan blog anda. Seperti halnya rumah yang membutuhkan alat pengaman, blog wordpress anda juga membutuhkan alat pengaman. Kabar baiknya, anda bisa mengamankan blog anda hanya dengan menginstall plugin. Dalam hal keamanan blog,  Wordfence Security merupakan plugin all-in-one yang dirancang untuk mengamankan website WordPress Anda dari berbagai serangan online. Bisa dibilang, Wordfence Security adalah plugin keamanan terpopuler untuk WordPress yang sangat bermanfaat untuk mengamankan blog anda dari ancaman keamanan.

5. Broken Link Checker

Ini termasuk ke dalam plugin SEO juga, merupakan plugin wordpress yang penting untuk anda tambahkan pada blog anda. Seperti namanya, Broken Link Checker mencari tautan rusak yang menyebabkan error 404 pada website Anda. Pencarian tautan kesalahan ini sangat penting, karena broken link akan memperburuk citra blog anda di mata Google. 

6. W3 Total Cache

Kenapa ini masuk ke dalam kategori plugin wordpress yang penting? Website dengan performa lambat hanya akan memberi pengaruh buruk pada traffic dan optimasi SEO secara keseluruhan. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya install plugin, seperti W3 Total Cache. Singkatnya, plugin ini menyimpan versi halaman situs Anda di komputer pengunjung web Anda. Hal ini membuat situs Anda me-loading lebih cepat saat pengunjung tersebut kembali membuka situs Anda. 

7. Akismet

Tidak kalah penting dari jenis - jenis plugin wordpress di atas, Akismet merupakan plugin anti SPAM yang sangat penting untuk blog wordpress anda. Tanpa plugin ini, blog anda akan dibanjiri ratusan komentar SPAM setiap harinya.



BATASI PENGGUNAAN PLUGIN WORDPRESS

Di atas kita telah mempelajari beberapa jenis plugin wordpress yang paling penting untuk anda tambahkan pada blog anda. Namun perlu diingat, banyaknya plugin yang anda install akan berpengaruh juga pada kecepatan situs ketika diakses oleh pengunjung. Semakin banyak plugin yang diinstal, kecepatan akses pada blog tersebut menjadi seakin lambat. Pasalnya banyak plugin artinya juga banyak memakan resource CPU server. Sangat disarankan agar anda menginstal plugin wordpress yang penting saja, dan meng-uninstal plugin-plugin yang dirasa tidak penting untuk situs.

Tentu demi kinerja situs menjadi lebih baik, mau tidak mau anda harus membatasi jumlah plugin yang benar-benar diperlukan. Serta pastikan juga menggunakan plugin dari developer populer untuk menghindari pengkodean buruk.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->