-->

Cara Setting ( Pengaturan ) Plugin All In One SEO Pack

Cara melakukan pengaturan atau settingan plugin All in One SEO Pack untuk blog wordpress anda sebenarnya mudah dan sederhana karena kita hanya melakukan klik pada bagian - bagian mana yang perlu diaktifkan.

Perlu teman - teman semua ketahui, ketika kita membuat blog di wordpress, kebutuhan kita tidak hanya membuat postingan di blog, kita membutuhkan aplikasi tambahan yang dinamakan dengan plugin wordpress untuk meningkatkan kinerja blog. Salah satu plugin yang dibutuhkan adalah plugin SEO.  Diantara banyak plugin SEO, salah satu yang direkomendasikan adalah plugin All in One SEO Pack.


ALL IN ONE SEO PACK, PLUGIN SEO UNTUK BLOG WORDPRESS

Sesuai namanya, plugin All in One SEO Pack adalah aplikasi tambahan yang digunakan untuk mempermudah kita dalam optimasi Search Engin Optimization ( SEO ).  Ini adalah salah satu plugin wordpress yang penting kita miliki untuk optimasi blog kita. Jika anda ingin memiliki blog atau website yang mapan di search engine, anda membutuhkan plugin ini. Anda bisa mendownloadnya di wordpress.org, lalu menginstalnya, kemudian tinggal melakukan pengaturan plugin All in One SEO pack tersebut.

Plugin SEO sebenarnya ada banyak dan dapat didapatkan secara gratis di internet, disamping plugin All in One SEO Pack, masih ada plugin SEO yang populer yaitu plugin SEO by Yoast. Namun yang akan kami bahas pada halaman ini hanya cara melakukan pengaturan atau settingan pada plugin All in One SEO Pack.


CARA PENGATURAN PLUGIN ALL IN ONE SEO PACK

Setelah pada halaman sebelumnya kita membahas cara menginstal plugin wordpress, dan cara mengaktifkannya, selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan setting atau pengaturan pada plugin tersebut agar dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan kita.

Berikut ini adalah cara pengaturan plugin All in One SEO Pack :

A. General Setting


cara setting pengaturan plugin all ini one seo pack


Canonical URLs – Jika anda mengaktifkan opsi ini, website Anda akan lebih aman dari masalah penalti oleh Google mengenai URL berbeda dengan konten yang sama.
No Pagination for Canonical URLs – Pilihan ini akan menghapus pagination dari URL canonical.
Enable Custom Canonical URLs – Pilihan ini akan menambahkan sebuah kolom baru untuk custom canonical di halaman editor postingan.
Use Original Title – Jika mengalami masalah dengan template atau plugin mengenai penulisan tag judul, silakan aktifkan pilihan ini.
Use Schema.org Markup – Jika anda mengaktifkan pilihan ini, search engine untuk menampilkan ringkasan / snippets di halaman hasil pencarian.
Log Important Events – Pengaturan ini berguna jika Anda menginginkan log dari plugin lain.

B. Home Page Settings

Title dari homepage website dapat anda tentukan pada bagian ini. Title sebaiknya berisi keyword yang mewakili tema atau topik dari website Anda. Hal ini akan mempermudah search engine untuk menemukan blog atau website anda.

cara setting pengaturan plugin all ini one seo pack


Home Title – SEO Meta Title untuk home page. Title ini mewakili topik yang dibahas dalam blog anda, akan tampil pada bagian atas di tab browser ketika home page diakses. Untuk membuat title ini disarankan jangan terlalu panjang, panjangnya cukup maksimal 60 karakter.
Home Description – Meta description untuk home page atau halaman utama. Ini merupakan keterangan singkat dari blog atau sebsite anda. Deskripsi ini akan tampil di search engine ketika alamat website Anda diketikkan. Panjang karakter yang direkomendasikan adalah 160 karakter

C. Title Settings


cara setting pengaturan plugin all ini one seo pack


Rewrite Titles – dengan mengaktifkan pilihan ini, plugin All in One SEO Pack membantu anda untuk memodifikasi title pada tiap jenis konten.
Capitalize Titles – Aktif secara default. Pilihan ini akan mengubah setiap kata pada title.
Home Page Title Format – Kolom isian untuk mengubah format dari page title.

D. Custom Post Type Settings


cara setting pengaturan plugin all ini one seo pack


SEO for Custom Post Types – Aktif secara secara default. Pilihan ini mengaktifkan All in One SEO bekerja dengan custom post types yang ada pada website Anda.
SEO on only these post types – Untuk memilih hanya tipe postingan tertentu dimana plugin akan berfungsi dengan mencentang pilihan yang diinginkan.
Enable Advanced Options – Pilihan ini akan menambahkan pilihan baru berupa Custom titles. Beri tanda centang jika ingin Anda aktifkan. Custom titles berguna untuk konfigurasi format dari title tags postingan

E. Display Settings


cara setting pengaturan plugin all ini one seo pack


Show Column Labels for Custom Post Types – Berguna untuk menampilkan kolom SEO Title, SEO Keywords, dan SEO Description. Silakan pilih di tempat yang ingin Anda tampilkan

F. Nonindex Settings
Dengan plugin All in One SEO Pack, pilihan ini memungkinkan untuk mencegah search engine melakukan indeks pada pada halaman anda.


G. Advanced Settings

Ini merupakan pengaturan lanjutan saat anda menggunakan plugin All in One SEO Pack.


cara setting pengaturan plugin all ini one seo pack


Autogenerate Descriptions – Plugin All In One SEO Pack bisa membuat deskripsi secara otomatis dari konten Anda. Anda tinggal mengaktifkan pilihan ini dengan mencentanbnya.
Remove Descriptions For Paginated Pages – Pilihan ini berguna untuk menghapus meta description dari halaman 2 dan seterusnya sebuah postingan dengan pagination.
Never Shorten Long Descriptions – dengan melakukan settingan plugin All in Ones SEO Pack memungkinkan anda membuat deskripsi dengan panjang lebih dari 160 karakter. silakan aktifkan bagian ini.

Setelah Anda menetapkan semua pengaturan, silakan simpan pengaturan dengan menekan tombol Update Options.


GUNAKAN HANYA 1 PLUGIN SEO

Plugin memang akan mempermudah kita dalam mengoptimalkan performa blog kita di internet, namun perlu diingat ... penggunaannya tidak berlebihan. Ketika kita sudah menginstall plugin SEO seperti All in One SEO Pack, maka kita tidak perlu menambahkan plugin lain yang fungsinya sama, ini justru akanb membuat plugin bekerja tidak maksimal dan berdampak buruk pada kinerja blog kita.

Contoh lainnya, ketika plugin tertentu sudah mengcover fungsi generate sitemap XML, maka kita tidak perlu lagi meng install plugin Google sitemap XML.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->