-->

Cara Membuat Blog Di Wordpress Bagi Pemula

Cara membuat blog di wordpress bagi pemula yang dijelaskan pada langkah - langkah berikut ini dilengkapi dengan gambar yang memudahkan pemahaman anda.

Bagi sebagian orang, memiliki blog memang penting, apalagi bagi mereka yang memiliki bisnis, tentu dengan memiliki blog akan sangat membantu dalam pemasaran produk mereka. Untuk membuatnya, bisa dengan cara gratis bisa juga dengan cara berbayar. Bagi pemula, menurut saya akan lebih mudah pengelolaannya jika membuat blog yang gratisan, untuk membuatnya kita bisa memanfaatkan layanan wordpress.com maupun blogger.com. Jika pada halaman sebelumnya kita sudah mempelajari cara membuat blog di blogger, kali ini kita akan belajar cara membuat blog di wordpress bagi pemula.

Wordpress adalah salah satu platform blog yang populer, untuk membuatnya pun sangat mudah bagi pemula sekalipun. Cara membuat blog di wordpress pada prinsipnya sama ketika membuat blog di blogger, cukup mendaftarkan akun, selanjutnya bisa posting artikel. Jika anda masih pemula, silakan simak langkah - langkah cara membuat blog di wordpress berikut ini.


CARA MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS BAGI PEMULA

Sebelum kita menginjak pada langkah - langkahnya, sebelumnya perlu saya sampaikan, bahwa untuk membuat blog di wordpress ini kita harus memiliki email terlebih dahulu, jika anda belum memiliki email, anda bisa membuat email di Google , agar lebih jelas silakan ikuti : cara membuat email gmail 

Berikut ini adalah langkah - langkah cara membuat blog di wordpress bagi pemula :

1. Buka halaman www.wordpress.com, lalu tekan "enter". Anda akan disuguhi tampilan seperti di bawah ini :



2. Dari gambar di atas, klik "mulai" . Anda akan dibawa menuju halaman form pendaftaran seperti berikut ini :



3. Dari gambar di atas, isikan alamat email anda, nama pengguna, dan kata sandi pilihan anda, lalu klik "buat akun anda" . Dalam hal pendaftaran, anda sudah berhasil, silakan buka email anda, di sana sudah menunggu email konfirmasi, silakan dibuka :



4. Lihat gambar di atas, silakan klik tautan yang ditunjuk dengan anak panah merah. Setelah itu anda akan dibawa kembali ke proses pembuatan blog wordpress seperti di bawah ini :



5. Untuk membuat blog, silakan klik "blog" yang dikotak merah. Anda akan diarahkan pada langkah selanjutnya :



6. Tuliskan saja tema dari blog anda seperti contoh di atas, sesuaikan dengan tema pilihan anda sendiri, klik "lanjutkan" :



7. Tuliskan nama blog anda, ini merupakan penjabaran dari topik di atas, klik "lanjutkan".



8. Lihat gambar di atas, pada kolom paling atas, silakan isikan alamat blog pilihan anda, secara otomatis, pada bagian di bawahnya akan ditampilkan beberapa alamat dengan domain-nya. Karena kita akan membuat blog gratis, silakan klik "gratis" yang ditunjuk dengan anak panah.
Berikutnya, akan ditampilkan kembali penawaran paket wordpress, karena kita akan membuat blog wordpress gratis, klik saja "start with a free site" yang ditunjuk dengan anak panah kuning seperti di bawah ini :


9. Selamat! anda sudah berhasil membuat blog di wordpress.



10. Dari gambar di atas, selanjutnya kita akan melakukan pengaturan lainnya. Klik "rancangan" , kemudian dari dropdown di bawahnya anda klik "sesuaikan" .




11. Klik "identitas situs"



12. Silakan isi judul situs, lalu isi juga kolom slogan, jika sudah silakan klik "terbitkan" 



13. Dari gambar di atas, kemudian kita akan membuat postingan artikel. Caranya klik "situs" lalu pilih "post" , selanjutnya pada bagian kanan akan ditampilkan halaman dashboard wordpress seperti gambar di bawah ini :



14. Lihat gambar di atas, untuk membuat artikel, silakan klik tautan yang ditunjuk dengan anak panah , kemudian anda akan dibawa pada halaman text editor seperti gambar berikut ini :



15. Untuk membuat artikel, silakan tulis judul pada area nomor 1, kemudian pada area di bawahnya silakan ketik artikel anda, kemudian isikan kategori pilihan anda, juga tag. Anda bisa mengisi kolom tag dengan kata kunci pilihan anda. Denmikianlah cara membuat blog di wordpress bagi pemula.


MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS DENGAN DOMAIN SENDIRI

Selain cara membuat blog di wordpress di atas, kita bisa membuat blog dengan domain sendiri. Memiliki blog dengan domain pribadi, blog akan terlihat lebih profesional namun tentunya kita harus menyiapkan anggaran untuk membeli domain dan hosting

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->