-->

Manfaat Google Webmaster Tools ( Search Console ) Untuk Optimasi Blog

Google webmaster tools merupakan alat yang berperan penting dalam optimasi blog atau website dan memantau performanya di internet.

Pada perkembangannya Google mengupdate nama Google Webmaster Tools menjadi Google Search Console, namun secara umum fungsinya tetap sama. Anda dapat menggunakan alat gratis ini dengan mengakses https://search.google.com/search-console. Untuk login, caranya sama dengan ketika masuk ke akun blogspot anda, dengan menggunakan email dan password yang sama.

Memiliki blog, tidak hanya masalah membuat blog dan membuat postingan artikel. Tentu kita tidak bisa lepas dari pekerjaan dalam hal merawat dan mengoptimasi blog di internet. Dengan alat Google Webmaster Tools atau yang disebut juga Google Search Console, kita bisa mengetahui ... bagaimana peringkat blog kita berdasarkan masing - masing kata kunci yang kita target.

Artinya, dengan melihat analisa yang ditampilkan, kita bisa mempertajam langkah - langkah SEO nya, sehingga ke depannya akan dapat meningkatkan ranking blog kita di search engine, sehingga dapat meningkatkan tingkat kunjunganblog kita. Manfaat Google Webmaster Tools selengkapnya dapat anda pelajari di bawah ini.

Sesuai fungsi utamanya yang sudah saya singgung pada pendahuluan di atas, maka untuk memantau perkembangan performa blog anda di internet, anda harus mendaftarkan blog anda pada layanan ini, caranya mudah ... anda tinggal menambahkan alamat blog atau website anda.


MANFAAT GOOGLE WEBMASTER TOOLS

Ada banyak fitur penting yang dapat kita explore pada Google Webmasters ini, semuanya bermanfaat penting untuk blog kita. Berikut ini adalah manfaat Google Webmaster Tools / Google Search Console selengkapnya :

  • Memonitor Backlinks. Di sini kita bisa memantau tautan internal dan tautan eksternal itu berasal dari halaman blog mana saja dan berapa jumlahnya.
  • Membantu dalam hal SEO : Anda dapat menggunakan fitur “Search Analytics” di google webmaster untuk mengoptimalkan SEO blog. Di halaman tersebut disajikan beberapa data diantaranya keyword hasil pencarian orang, klik, impresi, CTR hingga posisi artikel Anda di SERP.
  • Mendapatkan data pengindeks-an
  • Mendapatkan informasi kompatibilitas situs dengan perangkat mobile.
  • Mendapatkan pemberitahuan dari kemungkinan adanya permasalahan di situs kita ataupun kemungkinan pelanggaran yang dilakukan oleh situs kita.
  • Memilih secara manual URL yang tidak ingin dirayapi oleh robot google.
manfaat google webmaster tools atau google search console


FITUR - FITUR DALAM GOOGLE WEBMASTER TOOLS

Di atas kita sudah mengulas tentang manfaat Google Webmaster Tools , untuk lebih jelasnya kami akan sebutkan beberapa fitur yang ada. Berikut ini adalah beberapa fitur yang tersedia dalam Google Webmaster Tools :

1. Search Query

Search Query menunjukkan kata kunci yang digunakan oleh pengunjung sehingga menemukan blog Anda. Di sini ditampilkan puluhan query keyword yang diketikkan pengguna internet. Dengan data tersebut kita dapat memperbaiki kualitas SEO kita pada halaman artikel yang bersangkutan.

2. Links

Link atau tautan adalah salah satu faktor penting dalam mendongkrak peringkat blog anda di search engine. Di sini Anda dapat melihat di mana backlink Anda (internal dan eksternal) berasal dari mana, serta ke halaman mana mereka terhubung.

3. Kesalahan Jelajah

Fitur ini menunjukkan kesalahan yang dialami oleh Google bot di situs Anda. Misalnya : halaman tidak dapat diakses, halaman yang hilang, kesalahan server  dan segala macam masalah yang mencegah Google dari penjelajahan situs Anda dengan benar. Dengan data ini anda dapat melakukan perbaikan secepatnya karena kesalahat seperti itu jika dibiarkan akan merusak performa blog di internet.

4. Sitemap

Fitur ini menampilkan sitemap dari situs Anda yang ditemukan oleh Google dan jumlah URL di dalamnya. Jika sitemap ditemukan oleh Google berbeda dari apa yang Anda harapkan, Anda bisa mengirimkan sitemap baru ke Google untuk digunakan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->