-->

Cara Membuat Menu Di Blogger Atau Blogspot

Membuat menu di blogger sangat mudah, pelajari langkah - langkahnya berikut ini.

Menu atau tombol navigasi memiliki fungsi penting pada sebuah halaman blog atau website. Apapun platform blog yang anda gunakan, baik itu blogger gratisan maupun wordpress atau yang lainnya, wajib memiliki tombol menu. Di bawah ini kami berikan langkah - langkah cara membuat menu di blogger atau blogspot.

Tombol navigasi atau menu berfungsi untuk mempermudah pengunjung blog anda untuk menjelajahi konten - konten anda yang lain. Dengan konten yang bermanfaat dan penempatan menu yang tepat, pengunjung anda bisa berlama - lama berada di halaman blog anda. Tentu ini akan mendapatkan penilaian yang bagus dari Google. Untuk itu ketika anda membuat blog, jangan lupa membuat menu yang mudah dijelajahi oleh pengunjung blog. Lalu bagaimana sih cara membuat menu di blogger seperti yang tampak di bawah ini ?




CARA MEMBUAT MENU DI BLOGGER

Membuat menu di blogger itu mudah sekali. Perlu anda ingat, contoh tampilan menu bisa anda lihat ketika anda memilih template blog. Makanya ketika anda memilih dan mengganti template blogspot, perhatikan juga tampilan menunya, apakah mudah dilihat pembaca?  Tes juga tampilan blog tersebut ketika diakses menggunakan smartphone, apakah tampilan menunya mudah dilihat dan diakses?

Setelah segala sesuatunya anda pertimbangkan, dan anda sudah memilih template yang digunakan, maka untuk membuat menu ... kita tinggal mengedit kode HTML pada bagian menu tersebut. Berikut ini adalah langkah - langkah cara membuat menu di blogger :

1. Pertama kali yang harus anda lakukan adalah masuk ke akun blogspot anda, setelah berhasil anda akan masuk ke dashboard blogger anda seperti tampilan gambar di bawah ini :




2. Lihat gambar di atas, pada bagian kiri, klik "tema" . lalu akan muncul halaman seperti gamabr di bawah :


3. Klik "edit HTML"  , kemudian akan tampil halaman kode  HTML seperti di bawah ini :



4. Edit kode HTML bagian menu seperti gambar di atas. Sebentar ... tentu anda masih bingung, bagaimana cara mengenali kalau kode tersebut adalah menu?  Caranya mudah, perhatikan tampilan template blog sebelum anda pasang, perhatikan menu - menu bawaan yang ada di bawah header, kalau perlu dicatat.

Pada contoh di atas, ada menu : Tips Serviks, Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Obat Kanker Serviks. Selanjutnya, pada saat halaman kode HTML sudah terbuka, cari kata - kata pada menu tersebut. Untuk lebih cepat dalam mencari, anda bisa menggunakan perintah  CTRL + F, lalu ketikkan nama menu tersebut lalu tekan "enter". Anda akan langsung menemukannya, nama menu tersebut akan terblok warna kuning secara otomatis.

Bagaimana mengedit menunya?

Tombol menu itu dibuat dari serangkaian kode HTML yang format penulisannya seperti di bawah :

<a href='URL halaman tujuan'>teks menu</a>

URL halaman tujuan : 
- Jika anda bermaksud menampilkan menu berupa kategori, cara mengabil alamat URL nya adalah ... klik kategori tersebut lalu copy alamat URL nya pada address bar pada browser anda.
- jika anda bermaksud membuat menu di blogger dengan mengarahkan pada halaman tertentu, misalnya "hubungi kami" , maka copy alamat URL dari halaman tersebut.

Teks menu : ini adalah kata yang muncul pada tombol menu. Anda bisa tulis sesuai keinginan anda

5. Langkah terakhir ketika anda membuat menu di blogger adalah jika segala sesuatunya sudah selesai, klik "simpan tema" , seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->