-->

Cara Membuat URL Blogspot Agar SEO Friendly

Cara membuat URL Blogspot berikut ini penting dilakukan agar mempermudah optimasi blog untuk menaikkan peringkat blog di search engine.

Optimasi blog merupakan langkah penting ketika kita ingin artikel kita dapat menembus halaman pertama hasil pencarian Google atau SERP ( Search Engine Result Page). Dalam dunia blogging, langkah optimasi ini dikenal dengan istilah SEO ( Search Engine Optimization ), yaitu serangkaian langkah - langkah yang harus ditempuh untuk mengoptimalkan artikel blog agar dapat ditemukan pengguna internet, atau sering disebut SEO friendly.

Sebenarnya langkah optimasi blog ini dimulai ketika kita membuat artikel itu sendiri. Diluar teknik dan kualitas konten artikel yang kita buat, judul dan teknik cara membuat URL blog juga penting untuk optimasi blog. Yang akan kami contohkan berikut ini adalah cara membuat URL blogspot.

Sebelum saya uraiakn cara membuat URL blogspot , saya akan jelaskan dulu apa itu URL blog. Secara sederhana, p[engertian URL adalah URL (uniform resource locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. Contoh URL dari artikel yang saya tulis ini adalah https://carakumudahblogging.blogspot.com/2019/01/cara-membuat-url-blogspot.html .

Bandingkan dengan judul artikel ini "Cara Membuat URL Blogspot Agar SEO Friendly" , Saya membuat sendiri URL blognya dan tidak menggunakan URL bawaan blogspot, sehingga yang muncul setelah nama domain adalah lebih singkat dengan maksud mengoptimalkan kata kunci dan menghindari URL blog yang panjang.

Ketika kita membuat sebuah artikel, Blogger secara otomatis membuat permalink atau URL pada bagian belakang alamat domain kita. Namun masalahnya, ketika judul kita panjang, maka sebagian URL blogspot kita terpotong, ini tentunya tidak bagus untuk SEO. Yang bagus adalah URL blog harus mengandung kata kunci yang utuh dan jangan sampai terpotong. Lalu bagaimana sih cara membuat URL blog seperti di atas?


CARA MEMBUAT PERMALINK ATAU URL BLOGSPOT

Setelah sebelumnya kita belajar cara membuat blog dengan blogger , juga belajar membuat menu di blogger, kali ini kita belajar membuat URL blogspot sendiri. Berikut ini adalah cara membuat URL blogspot sesuai keinginan kita :

1. Pertama. tentuk kita harus masuk akun blogger kita , setelah itu dashboard blogger kita akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini. Untuk membuat URL blogspot hanya bisa dilakukan ketika membuat artikel baru, maka kita harus membuat postingan artikel baru di blog, lihat gambar di bawah ini  :




2. Silakan klik "entri baru" . Kemudian akan ditampilkan halaman pengetikan artikel seperti gambar di bawah ini :



3. Buat artikel seperti biasa. Dimulai dengan judul, lalu ketikkan artikel anda sampai selesai. Jika sudah, perhatikan bagian kanan, klik "label" , ketikkan nama kategori yang anda inginkan. 
Untuk membuat URL blogspot sesuai keinginan kita, pindah pada bidang bawahnya, klik "tautan permanen"  lalu pilih  "tautan permanen khusus" , ketikkan URL blog yang kita inginkan, caranya : sisipkan tanda penghubung (-) pada setiap kata. Contoh : cara-membuat-url-blog. Kalau sudah klik "selesai" .
Pada bidang "deskripsi penelusuran" , ketikkan keterangan singkat dari artikel anda.
Jika semuanya sudah selesai, klik "publikasikan" . Selesai artikel anda sudah terbit dengan URL blogspot sesuai keinginan.

CATATAN : cara membuat URL blogspot seperti di atas hanya bisa dilakukan ketika artikel belum diterbitkan, namun ketika anda sudah mengklik "publikasikan" artinya artikel sudah terbit di internet,maka anda tidak bisa lagi mengubah URL blog anda tersebut.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->