-->

Apa Beda Wordpress Dengan Blogspot (Blogger) Dalam Membuat Blog

Apa beda wordpress dengan blogspot? pelajari perbedaannya berikut ini sebelum anda membuat blog.

Jika kita browsing di internet tentu kita banyak melihat blog - blog yang mengulas tentang Blogger ( Blogspot ) dan Wordpress. Ada pihak yang menyatakan bahwa membuat blog dengan Blogger lebih baik daripada Wordpress, sementara tidak sedikit yang menganggap Wordpress lebih baik dan lebih handal daripada Blogger atau Blogspot. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi mereka yang pemula yang akan membuat blog. Lalu apa beda wordpress dengan blogspot?

Sebelum saya jelaskan apa perbedaan blog di wordpress dan di blogspot, hal penting yang perlu anda camkan adalah dalam memilih platform blog ... apakah itu blogger atau wordpress, yang paling penting buat anda adalah yang paling mudah dan paling nyaman menurut anda. Itulah kenapa sebelum membuat blog, anda perlu mempelajari apa beda wordpress dengan blogspot.

Beda wordpress dengan blogspot atau blogger secara lebih datail akan disajikan dalam 3 bagian yaitu blogspot.com, wordpress.com, dan wordpress.org.  Blogspot.com dan wordpress.com merupakan layanan blog gratisan, sedangkan wordpress.org merupakan layanan blog berbayar atau yang dikenal dengan istilah Wordpress self hosted. Untuk membuat blog berbasis Wordpress.org kita harus memiliki domain dan hosting sendiri, caranya kita mengunduh file blog dari www.wordpress.org lalu menginstall blog di hosting sendiri.


apa beda wordpress dengan blogspot



BEDA PENGERTIAN WORDPRESS DENGAN BLOGSPOT

Pengertian dari masing - masing platform menjadi bagian dari bahasan tentang apa beda wordpress dengan blogspot karena hal ini memang mendasar sekali dan wajib dipahami oleh pemula sebelum membuat blog.

Berikut ini adalah pengertian dari masing - masing platform blog :

Apa itu WordPress.com?

WordPress.com adalah layanan hosting WordPress gratisan namun kapasitas hosting dibatasi, yang dibuat oleh WordPress untuk pelanggannya. Jika Anda memanfaatkan layanan hosting mereka, situs web Anda akan dihosting di server mereka. Singkatnya, WordPress.com menangani semua kebutuhan hosting Anda. Dengan membuat blog di wordpress.com maka alamat blog anda hanya berupa subdomain, contoh : bloganda.wordpress.com.

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org adalah platform open source yang gratis tak berbayar. Karena ini adalah perangkat lunak gratis, Anda dapat mengunduh dan memasangnya di server web Anda sendiri dengan membeli domain dan menyewa hosting sendiri. Dengan WordPress.org, Anda dapat meng-host situs web atau blog Anda sendiri. Oleh karena itu, sering disebut oleh banyak orang sebagai ‘self-hosted’ WordPress. Untuk membuat blog, anda perlu mengunduh script blognya dari wordpress.org lalu menguploadnya ke hosting anda sendiri. Dengan membuat blog di hosting sendiri dan memiliki domain sendiri, maka alamat blog anda adalah www.bloganda.com.

Apa itu Blogspot?

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan Blogspot. Blogspot atau yang juga dikenal dengan Blogger merupakan layanan blog gratis yang terintegrasi dengan akun Google. Artinya dengan memiliki akun Google, anda juga bisa login ke Blogspot, Youtube, Google Plus dan layanan Google lainnya. Dengan membuat blog dengan Blogger (blogspot), maka alamat blog anda hanya berupa subdomain dari blogspot, contoh : bloganda.blogspot.com. Walaupun demikian kita dapat mengubah tampilan blogspot menjadi lebih profesional dengan memanfaatkan fitur custom domain, sehingga alamat blog yang semula sebagai subdomain blogspot menjadi domain sendiri. Baca juga : cara custom domain blogspot di Rumah Web



PERBEDAAN LAIN ANTARA WORDPRESS DENGAN BLOGSPOT

Setelah membaca ulasan di atas tentu sekarang anda sudah lebih memahami apa beda wordpress dengan blogspot. Selain hal di atas, berikut ini adalah beberapa perbedaan lain antara wordpress dengan blogspot :

Blogspot :
  • Tidak perlu beli domain domain dan hosting
  • Tidak ada fitur plugin tambahan
  • Walaupun kita bebas mengganti template blogspot dengan template sendiri , namun kepemilikan blog tidak sepenuhnya, sewaktu - waktu blog bisa dihapus Google tanpa peringatan sebelumnya.
  • Alamat blog hanya sebagai subdomain


Wordpress gratisan ( wordpress.com) :
  • Hosting gratis tapi terbatas
  • Tidak bisa menginstal plugin
  • Kepemilikan blog tidak sepenuhnya karena tidak bisa akses ke hosting
  • Alamat blog hanya sebagai subdomain


Wordpress self hosted (wordpress.org) :
  • Domain dan hosting milik sendiri
  • Memiliki hak akses penuh atas kepemilikan blog selama masih membayar domain dan hosting
  • Bisa menginstal plugin tambahan untuk mengoptimalkan blog
  • Membutuhkan anggaran untuk menyewa domain dan hosting
  • Blog bisa dimonetize ( untuk bisnis online ) sesuka hati
  • Alamat blog berupa domain milik sendiri, contoh : www.bloganda.com




PERBEDAAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WORDPRESS.COM DENGAN WPRDPRESS.ORG

Setelah membahas tentang apa beda wordpress dengan blogspot seperti di atas, untuk menambah wawasan anda tentang wordpress, berikut ini saya sampaikan perbedaan kelebihan dan kekurangan antara wordpress.com dan wordpress.org


Apa kelebihan WordPress.com?
  • Gratis, tidak membutuhkan anggaran untuk sewa domain dan hosting.
  • Manajemen keseluruhan situs web hanya sedikit karena penyedia hosting mengurus semua layanan langsung dari unggahan file dll. Yang berarti Anda tidak perlu mengakses akun FTP atau bahkan menambahkan domain melalui panel kontrol atau melakukan tugas-tugas semacam itu.
  • Karena menyediakan layanan yang berbayar, WordPress.com menyediakan dukungan email dan obrolan kepada pelanggan. Selain ini, karena Anda adalah bagian dari komunitas WordPress, maka dapat mengirimkan lalu lintas ke situs web Anda dengan menampilkan situs web Anda di portal pasarnya.
  • Tidak membutuhkan penguasaan bahasa pemrograman ataupun pengetahuan kode HTML.



Apa kerugian dari WordPress.com?
  • Seperti halnya blogspot, alamat blog anda hanya sebagai subdomain, artinya situs web Anda akan dibaca sebagai bloganda.wordpress.com dan bukan www.bloganda.com.
  • Karena hostingnya numpang, Anda tidak sepenuhnya memiliki konten di WordPress.com, artinya WordPress.com memiliki hak untuk mematikannya. Anda tidak memiliki hak untuk menjual situs web atau blog tanpa izin.
  • Penggantian theme atau template bisa dilakukan hanya sebatas yang tersedia pada wordpress.com, kita tidak bisa mengupload dan menggunakan template dari luar.




Apa kelebihan dari WordPress.org?

Selain script gratis yang bisa anda upload untuk membuat blog anda, membuat blog dengan script dari WordPress.org dengan hosting sendiri juga memiliki beberapa kelebihan seperti berikut ini :
  1. Selama anda masih menyewa domain dan hosting, Anda memiliki kontrol penuh atas situs web Anda.
  2. Dalam hal penggunaan theme atau template, tidak ada batasan dalam hal mengunduh tema (theme) untuk situs web Anda. Sama halnya dalam penggunaan plugin Wordpress. Bahkan anda bisa memasang theme atau template dari luar.
  3. Blog dapat anda monetize dengan memasang iklan atau program komersial lainnya di blog anda, tanpa berbagi pendapatan.
  4. Dalam hal desain blog, Anda dapat menyesuaikan tampilan situs web sesuai keinginan anda.
  5. Anda dapat membuat perubahan pada direktori file web seperti yang Anda inginkan karena situs web dihosting di server web Anda sendiri, 



Apa kerugian dari WordPress.org?
  1. Anda bertanggung jawab langsung atas pembaruan keamanan, cadangan, dan dukungan untuk situs web, ini membutuhkan keterampilan khusus untuk melakukannya.
  2. Anda mungkin memerlukan beberapa pengetahuan teknis sebelumnya, khususnya pemahaman yang baik tentang HTML. Jadi blog dari wordpress.org ini sebenarnya hanya direkomendasikan bagi mereka yang sudah memahami pengkodean lebih lanjut, juga masalah plugin dan memahami masalah keamanan blog yang sangat kompleks.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->