-->

Benarkah Nama Domain Berpengaruh Pada Optimasi SEO

Domain sudah menjadi identitas blog atau website. Domain bisa menjadi branding tersendiri buat pemiliknya. Dalam konteks pembuatan blog, sebenarnya apa pentingnya sih pemilihan nama domain? apakah nama domain berpengaruh pada SEO? haruskah nama domain itu panjang, atau pendek? haruskah nama domain itu mengandung kata kunci?

Dalam dunia blogging, kita mengenal adanya optimasi blog yang dikenal dengan SEO ( Search Engine Optimization ). Intinya merupakan langkah - langkah untuk mengoptimalkan blog sehingga bisa menaikkan peringkat blog pada halaman hasil pencarian. Lalu apa hubungannya dengan nama domain? Apa pengaruh nama domain terhadap SEO blog kita?

Dalam teknik SEO, sebenarnya pemilihan nama domain merupakan bagian dari langkah penting, dimana nama domain sebaiknya berhubungan dengan topik yang dibahas pada blog tersebut. Akan lebih baik jika nama domain itu mengandung kata kunci yang ditarget. Utamanya jika kita membuat blog untuk tujuan penjualan, tentu sebaiknya pada saat membeli domain kita perlu memilih nama domain yang relevan dengan produk yang kita pasarkan.

Sebagai contoh, misalnya kita ingin menjual baju batik melalui blog. Yang perlu dilakukan ... sebelum membuat blog tentu perlu melakukan riset kata kunci untuk mengetahui seberapa besar pasar dari baju batik. Dari riset kata kunci itu pula dapat diketahui daftar kata kunci yang diketikkan calon pembeli di internet, atas dasar ini juga nama domain dapat dibuat, misalnya www.BajuBatikMurah.com. 


nama domain berpengaruh pada seo



HARUSKAH NAMA DOMAIN MENGANDUNG KATA KUNCI?

Berdasarkan pengalaman, nama domain yang mengandung kata kunci memang akan membantu dalam hal optimasi SEO, namun tidak mutlak. Dikatakan tidak mutlak karena pada kenyataannya itu bukan pedoman Google dalam melakukan penilaian. 

Pada prakteknya, selama artikel yang kita buat itu unik dan memenuhi standar SEO dalam optimasinya, dengan nama domain apapun ... halaman blog bisa menembus peringkat teratas pada halaman hasil pencarian. Intinya yang mau kita optimalkan kan halaman artikel kita, bukan domain utama. 

Jadi jika anda saat ini anda memiliki nama domain yang tidak mengandung kata kunci, anda tidak perlu khawatir ... karena itu tidak menjadi penghalang untuk mendongkrak peringkat halaman artikel blog anda di hasil pencaria ( SERP = Search Engine Result Page ).

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->