-->

Cara Membuat Tombol Share Pada blogger Dan Wordpress

Cara membuat tombol share pada blog sebenarnya mudah, anda dapat melakukannya sendiri dengan mengikuti tutorial berikut ini.

Tombol share memiliki peranan yang cukup penting, apalagi jika blog anda posisinya belum mapan di search engine. Tombol ini bisa membantu mempopulerkan konten blog anda, dengan membagikan konten blog anda di medsos, maka teman - teman anda akan dengan mudah membagikannya pada teman - teman mereka. Jadi pada saat anda membuat blog, baik itu membuat blog di wordpress maupun membuat blog dengan blogger, jangan pernah lupa membuat tombol share ke media sosial untuk blog kesayangan anda. Lalu bagaimana sih cara membuat tombol share ke sdia sosial?

Pada umumnya template blog sudah menyediakan tombol share ini, namun kalau menurut saya ... akan lebih bagus lagi jika kita membuatnya sendiri, agar kita bisa mengontrol performa blog kita di internet. Untuk itu kita membutuhkan aplikasi situs pihak ke 3, sebut saja www.addthis.com.


CARA MEMBUAT TOMBOL SHARE PADA BLOGGER / BLOGSPOT

Untuk membuat tombol share ke media sosial, kita akan memanfaatkan layanan situs pihak ke 3, yaitu www.addthis.com. Ada banyak fitur yang bisa kita dapatkan jika menggunakan layanan addthis.com, kita bisa memantau performa blog kita di search engine.

Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah langkah - langkah cara membuat tombol share pada blog berbasis blogger / blogspot :

1. Pertama kita harus membuat akun dulu di addthis.com. Caranya buka halaman www.addthis.com seperti tampilan gambar di bawah ini :

2. Klik "get started, its free" . Kemudian akan muncul form pendaftaran seperti gambar di bawah ini :

3. Silakan isi form di atas dengan data yang anda inginkan : alamat email, password pilihan anda, negara ( Indonesia ). Centang bagian " a'm not a robot" . Kemudian klik "let's get started"



4.  Lihat kiri atas, klik "add profil" .


5. Dari gambar di atas, silakan isi nama profil, terserah anda. Jika blog anda tentang sepak bola, bisa anda isi dengan sepak bola. Hal ini akan menjadi pengingat ketika anda memiliki lebih dari 1 profil.


6. Klik "tools"


7. Klik tanda plus seperti gambar di atas.



 8. Klik icon "share buttons" 

9. Lihat gambar di atas. Secara default, posisi tombol share akan ditampilkan secara vertikal bagian kiri blog dan jika blog diakses menggunakan HP, tombol share akan tampil pada bagian bawah. Anda bisa mengubah pengaturan di atas sesuai dengan keinginan. Klik "continue"


10. Lihat gambar di atas. Secara default, di sana sudah terpilih beberapa icon tombol share, namun anda bisa mengubahnya dengan menghapus yang tidak diinginkan dan menambahkan tombol media sosial lainnya. Caranya : hapus yang tidak diperlukan dengan mengklik tanda "X" di samping kanan, kemudian klik "add more services" . Nanti akan ditampilkan daftar icon situs social media, silakan dipilih, setelah itu klik "activate tool". Kemudian akan ditampilkan kode HTML yang harus anda copy dan paste pada blog anda.


11.  Silakan dicopy code HTML yang di kotak warna merah. Kita tinggalkan dulu, kita masuk ke dashboard blogger seperti gambar di bawah ini :


12. Klik "tema" , kemudian klik "edit HTML" . Kemudian akan ditampilkan halaman kode HTML dari blog kita  seperti gambar di bawah ini :


13. Temukan kode </body> , biasanya ada pada bagian bawah. Kalau sudah ketemu, silakan paste kode HTML yang tadi anda copy tepat di atas kode </body>. Kemudian klik "simpan tema" .
Selesai. Tombol share akan tampil pada posisi yang anda tentukan sesuai pada pengaturan anda.


CARA MEMBUAT TOMBOL SHARE PADA BLOG WORDPRESS

Untuk blog berbasis wordpress, untuk menambahkan tombol share tersebut, untuk praktisnya kita bisa menggunakan plugin addthis yang sudah tersedia pada dashboard wordpress. 
Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Pertema, anda buat dulu akun di addthis seperti pada tutorial di atas
2. Lakukan pengaturan tombol seperti tutorial di atas
3. Install plugin addthis . Ini adalah salah satu plugin wordpress yang penting
4. Masih pada halaman dashboard wordpress, lihat bagian kiri ... klik addthis, klik "home" , pada bagian kanan, silakan login dengan dengan akun addthis anda. Dengan begitu blog anda akan otomatis terintegrasi dengan akun addthis, sekaligus menampilkan tombol share.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->