-->

Mengatasi Tinta Tidak Keluar walaupun Habis Direfill Atau Isi Ulang

Mengatasi tinta tidak keluar walaupun habis direfil atau isi ulang sebenarnya sederhana sekali, namun kalau tidak mengetahui permasalahannya memang hal ini sering bikin pusing, apalagi kerjaan lagi banyak dan tidak ada cadangan catridge.

Bukan rahasia lagi memang, ketika tinta habis kita selalu melakukan refill atau isi ulang. Biasanya satu atau dua kali refill tinta, kondisi catridge masih normal dan bisa digunakan. Selanjutnya, ada saja permasalahan yang terjadi, seperti : tinta tidak keluar padahal habis isi ulang tinta. Tanda-tandanya tidak ada isi file yang tercetak pada lembaran kertas yang keluar dari mesin printer. Hal ini tidak akan terjadi jika anda menggunakan printer EPSON L3110 karena anda tidak perlu menyuntikkan tinta,tinggal tuang pada tabungnya.

Saya ada pengalaman pribadi menggunakan 2 jenis printer, yang satu merk HP dan satunya lagi merk CANON IP2770. Saya merasa, merk yang terakhir ini lebih mudah dalam isi ulangnya. Sedangkan untuk printer merk HP ketika diisi ulang sering timbul permasalahan, misalnya tinta tidak keluar ketika habis diisi ulang. 

Penyebab tinta tidak keluar walaupun habis refill atau isi ulang biasanya ada 2. Pertama karena tinta terlalu banyak menyuntikkan tinta dan luber, hal ini justru mengakibatkan tidak ada cetakan yang keluar. Kedua karena tinta mengering di dalam catridge sehingga walaupun sudah diisi ulang, ketika head catridge dilap pakai tissue, tinta tidak keluar. Sehingga walaupun diisi ulang, tinta tidak mau keluar akibatnya tidak ada hasil pencetakan dari mesin printer

Untuk penyebab yang pertama solusinya cukup dilap saja head catridge-nya lalu masukkan lagi ke printer. Untuk penyebab kedua, solusinya di bawah ini 
Mengatasi Tinta Tidak Keluar Ketika Habis Direfill


MENGATASI TINTA TIDAK KELUAR KETIKA BARU DIISI ULANG

Untuk mengatasinya caranya cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah.
  • Rebuslah air hingga panas
  • Tuangkan secukupnya ke dalam wadah, yang paling mudah adalah piring. Ketinggian air di dalam wadah cukup 0,5 cm
  • letakkan head catridge ( bagian bawah catridge ) ke dalam air panas tadi, sehingga tinta yang mengering akan mencair.
  • Kemudian angkat. Bersihkan catridge, dan pastikan tinta sudah tidak menetes.
  • Tambahkan sedikit tinta, bersihkan dan pastikan tinta tidak lagi menetes ke bawah.
  • Pasang kembali catridge ke mesin printer anda.
  • Berdasarkan pengalaman, hasil cetakan akan kembali normal.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->