-->

Cara Kompres File JPG Sesuai Ukuran Yang Kita Inginkan

Cara kompres file JPG sesuai ukuran yang kita inginkan itu mudah sekali, simak langkah - langkahnya berikut ini.

Me-ngompres file JPG pada umumnya diartikan sebagai cara untuk mengurangi ukuran file tersebut, namun dengan tips di bawah ini, anda tidak hanya bisa mengecilkan ukuran file namun juga bisa memperbesar ukuran file sesuai ukuran yang kita inginkan atau sesuai dengan kebutuhan kita. 

Cara ini tidak hanya berlaku untuk format file JPG tetapi juga format PNG. Untuk melakukannya anda juga tidak perlu keluar ongkos, karena sepenuhnya gratis.

Mengapa perlu kompres file JPG?  tentu karena hal tersebut menjadi kebutuhan dalam kondisi tertentu, misalnya sebagai persyaratan dalam penerimaan CPNS yang saat ini sudah menggunakan sistem online. Sehingga ukuran file harus disesuaikan dengan persyaratan setelah anda melakukan scan dokumen. Dengan mempelajari cara kompres file JPG sesuai ukuran yang kita inginkan, kedepannya anda bisa melakukannya sendiri di rumah.


CARA  KOMPRES FILE JPG SESUAI UKURAN YANG KITA INGINKAN

Sebelum menginjak pada tutorial, saya ingin jelaskan dulu bahwa cara ini tidak perlu menggunakan aplikasi tertentu, cukup memanfaatkan layanan situs pihak ke 3, jadi dengan cara online, jari anda harus terhubung dengan internet :

Pertama, buka halaman  www.lunapic.com , maka anda akan dibawa pada halaman seperti gambar di bawah ini :



Dari gambar di atas, klik "upload"



Klik "pilih file" . Cari file JPG yang ingin anda kompres pada tempat penyimpanan seperti gambar di bawah ini :


Setelah menemukan filenya, klik pada file tersebut, kemudian klik "open"


Klik "set file size"


Dari gambar di atas, masukkan nilai ukuran file yang diinginkan, kemudian klik "resize file" . Tunggu prosesnya hingga selesai.


Untuk menyimpan file JPG yang telah dikompres, klik "save"  pada bagian bawah dari preview gambar file anda.


Tentukan lokasi penyimpanan file, berikan nama file, kemudian klik "save". Selesai. Anda berhasil mengompress file JPG sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->