-->

Tips Mengoptimalkan Fitur SEO Pada Blog Blogger

Fitur SEO pada blogger juga bisa meningkatkan performa blog anda. Blogger atau bogspot merupakan salah satu platform blog yang banyak digunakan oleh para pegiat online, disamping wordpress. Namun dibalik itu, tidak sedikit yang memandang sebelah mata terhadap blog engine punya Google ini.

Namun tahukah anda, blogger / blogspot memiliki fitur - fitur SEO yang jika dioptimalkan juga akan memiliki performa bagus di search engine, walaupun ini adalah blog gratisan dan tanpa plugin tambahan seperti wordpress

Tidak sedikit pebisnis online yang membuat blog blogger sebagai website penjualan mereka, nyatanya juga bisa mendatangkan penjualan dengan konsisten. Kunci sukses sebuah blog adalah bagaimana dapat menarik pembaca sebanyak - banyaknya dan memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca atau pengguna internet. 

Untuk dapat menarik banyak pembaca, blog harus dioptimalkan dengan SEO sehingga bisa menduduki halaman pertama hasl pencarian. Kabar baiknya, blogger memiliki beberapa fitur SEO yang bisa dioptimalkan sehingga bisa menaikkan peringkat blog di search engine.
fitur SEO pada blogger/blogspot


FITUR SEO PADA BLOGGER  

Berikut ini adalah beberapa fitur SEO yang dapat dioptimalkan pada blog berbasis blogger atau blogspot :

1. Title Blog
Title blog merupakan tema besar dari blog anda. Artinya ini merupakan topik yang anda bahas di dalam artikel - artikel anda. maka dari itu akan lebih mudah mengoptimalkan blog yang khusus membahas hanya 1 tema saja, misalnya tentang penyakit jantung. Title blog harus mengandung kata kunci. Blog seperti ini dalam dunia internet marketing disebut niche blog.

2. Settingan deskripsi blog
Deskripsi ini bisa anda isi dengan mengakses menu setting pada dashboard blogger. Deskripsi sebaiknya mengandung kata kunci, merupakan penjabaran singkat dari title blog di atas.

3. Judul artikel
Berbeda dari tilte di atas, judul ini merupakan judul dari artikel yang anda buat. Judul ini harus anda buat setiap anda membuat artikel baru. Judul sebaiknya mengandung kata kunci. Anda bisa melakukan riset kata kunci sebelum membuat artikel.

4. Deskripsi artikel
Ini merupakan keterangan singkat dari artikel yang anda buat. Sebaiknya mengandung kata kunci

5. Label
Seperti halnya blog wordpress, label merupakan kategori dari artikel yang anda buat. Dengan membuat kategori yang tepat akan mempermudah optimasi artikel anda.

6. Permalink
Ini merupakan alamat artikel anda ketika diakses di internet. Sebaiknya ini mengandung kata kunci. Secara default, blogger akan menampilkan judul sebagai permalink, namun biasanya akan terpotong. Sebagai solusinya kita sebaiknya mengisi permalink secara manual, yaitu dengan memilih opsi tautan permanen, lalu kita isikan kata kunci, dengan menyisipkan tanda penghubung di setiap antar kata.

7. Internal linking
Pada area pengetikan, blogger sudah menyediakan fitur link. Dengan ini kita bisa membuat link atau tautan antar artikel yang masih berhubungan. Pada saat pengunjung artikel membaca artikel anda dan mereka merasa mendapatkan manfaat dari artikel anda, biasanya pembaca akan mengklik link - link untuk mencari artikel - artikel yang masih berhubungan. Hal inilah yang membuat link itu menjadi bernilai sehingga bisa meningkatkan peringkat artikel di search engine.

Pengaturan fitur SEO pada blogger seperti di atas berlaku untuk blogspot gratisan maupun blogspot custom domain

Dengan memaksimalkan fitur SEO pada blogger, walaupun blogger tidak dilengkapi dengan plugin seperti pada wordpres, artikel anda tetap berpeluang besar untuk menduduki peringkat teratas pada hasil pencarian. Jadi jika saat ini anda hanya memiliki blog berbasis blogger yang cuma hosting gratis di Google jangan berkecil hati, anda tetap bisa sukses.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->