Pengertian Blog Dan Contohnya

Pengertian blog itu apa sih?  Tentu saat ini anda sudah sering mendengar istilah blog, walaupun tidak jarang ... tidak pernah terpikirkan untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Pada jaman yang serba online tentu perlu sekali kita memahami apa itu pengertian blog karena blog itu sendiri berhubungan dengan internet. Blog hanya bisa diakses saat kita terhubung dengan internet atau sedang kondisi online.


PENGERTIAN BLOG DAN CONTOHNYA

Secara sederhana, pengertian blog adalah merupakan jenis website yang dinamis, dimana kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama). Blog pada umumnya berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis.

Ciri umum blog yang bisa kita kenali adalah ketika diakses, blog menampilkan uruitan postingan artikel terbaru hingga yang lebih lama. Disamping itu desain yang interaktif juga ditonjolkan dengan adanya kolom komentar yang sering menghiasi tampilan blog.

Pada sejarah awalnya, blog sering disebut sebagai buku harian online. Namun pada perkembangannya sekarang ini blog sudah menjadi media online yang serba guna, bahkan bisa menjadi website penjualan yang efektif. Sehingga tak heran jika semua perusahaan sekarang ini disamping memiliki website perusahaan juga mengelola blog untuk menjalin komunikasi dengan para pembacanya. 


STRUKTUR TAMPILAN BLOG

Setiap blog, pada umumnya memiliki elemen - elemen seperti berikut ini :

1. Header: terletak dibagian atas blog. Header biasanya berisi logo dan judul blog. Arena ini mewakili identitas blog.

2. Menu bar : area ini berisi barisan tombol menu sebagai navigasi untuk mempermudah pengunjung untuk menjelajah berbagai tulisan atau artikel di dalamnya. 

3. Main blog: Biasanya terletak di bagian tengah blog. Disinilah tempat dimana postingan blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti Judul, tanggal, dan nama penulis.

4. Sidebar: Pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Anda juga dapat menambahkan widget lainya seperti kalender, jam dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah blog.

5. Kolom komentar : area ini disediakan untuk pembaca, sehingga mereka bisa memberikan tanggapan atas artikel yang mereka baca. Ini adalah fitur interaktif yang umumnya ada pada setiap blog, jika diaktifkan oleh pemilik blog.

6. Footer: Terletak pada bagian paling bawah blog. Biasanya berisi klaim hak cipta dari pemilik blog.
pengertian blog dan contohnya



CONTOH BLOG

Penjelasan tentang pengertian blog di atas mungkin sudah bisa memberikan gambaran yang lebih jelas tentang blog. Lalu seperti apa contoh blog itu?  Untuk melihat seperti apa contoh blog, yang saat ini sedang anda baca inilah yang disebut dengan blog. 

Untuk membuat blog itu mudah sekali dan gratis, kita cukup mendaftarkan diri pada situs blog engine seperti blogger  dan wordpress . Adabanyak situs layanan blog, namun kedua situs itulah yang paling populer saat ini. Untuk membuat blog blogger seperti ini mudah sekali, anda cukup berbekal akun email gmail saja dari Google.


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->