-->

Cara Backup Blog Blogger Dengan Mudah

Cara backup blogger itu mudah sekali, hanya membaca tutorial berikut ini anda pasti bisa melakukannya sendiri, hanya butuh waktu 5 menit.

Backup blog itu apa sih? dalam pengetian sederhana, backup merupakan langkah - langkah yang dilakukan untuk mencadangkan konten blog. Apabila di kemudian hari terjadi sesuatu pada blog, kita bisa mengupload file backup, sehingga konten blog menjadi normal kembali.

Khusus blog yang berbasis blogger, terkadang pihak Google melakukan penghapusan blog tanpa alasan. Hal ini dimungkinkan karena menurut Google sudah melanggar ketentuan yang berlaku. Namun bagi anda pengguna blogger tidak usah khawatir, ada solusinya. Sebagai tindakan antisipasi, anda bisa melakukan backup blogger sehingga anda tidak kehilangan konten. Lalu bagaimana cara backup blogger?


CARA MELAKUKAN BACKUP BLOG BERBASIS BLOGGER

Untuk melakukan backup blogger, pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke akun blogger, buka www.blogger.com, masukkan email dan password. Kemudian anda akan masuk ke halaman dashboard blogger seperti berikut ini :
cara backup blogger

Lihat gambar di atas, klik "setelan" , kemudian klik "lainnya" , pada bagian kanan silakan klik "cadangkan konten" . Kemudian akan tampil kotak dialog seperti di bawah :


cara backup blogger
Klik saja "simpan ke komputer"


cara backup blogger

Lihat gambar di atas, silakan tentukan lokasi penyimpanan file backup. Dari contoh gambar di atas misalnya pada folder "download" , pada bagian file name silakan tulis nama file sesuai keinginan anda. Kemudian klik "save" .

Selesai. 

AGAR ANDA TIDAK KEHILANGAN BLOG

Ketika kita membuat blog dengan blogger , memang ada risikonya juga. Terkadang Google menghapus blog - blog tertentu yang dianggap melakukan pelanggaran. 

Dengan melakukan backup blogger dan menguploadnya kembali pada blogger baru memang anda tidak akan kehilangan konten, anda akan memiliki blog lagi dengan konten seperti sebelumnya. Namun perlu diingat, anda tidak bisa mendapatkan alamat blog yang lama, kemungkinan alamat tersebut sudah tidak tersedia ketika anda membuat blog blogger baru.

Sebagai solusinya, untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya kita membuat blog blogger dengan custom domain, artinya blognya tetap blogger gratisan namun domainnya diarahkan ke domain pribadi.  Pelajari : cara custom domain

Jika blog anda dihapus oleh Google, maka yang terhapus adalah blognya, domainnya tidak terhapus. Sehingga dengan mengupload kembali pada blogger baru dan mengarahkannya kembali pada domain anda, maka blog anda akan online kembali. Namun perlu diingat, anda harus memeriksa blog anda, dan memperbaiki konten - konten yang dinilai melanggar ketentuan dari Google.

Dengan custom domain, anda cukup membeli domain secara tahunan, dan tidak perlu menyewa hosting karena hosting di blogspot yang tidak lain adalah punya Google .

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

-->